Mengenal Virus Panleukopenia, Bisa Sebabkan Kematian pada Kucing

- 14 September 2022, 20:59 WIB
Ilustrasi. Simak penjelasan mengenai virus Panleu.
Ilustrasi. Simak penjelasan mengenai virus Panleu. /Pixabay/wilkernet

PIKIRAN RAKYAT - Di musim hujan seperti sekarang, bukan hanya manusia yang rentan terkena penyakit, kucing pun sama.

Salah satu penyakit pada kucing yang harus diwaspadai adalah infeksi virus Feline Panleukopenia Virus (FPV) atau lebih dikenal dengan sebutan virus Panleu.

Virus Panleu disebabkan oleh Feline Parvovirus, sebuah parvovirus yang umumnya menginfeksi hewan karnivora. Virus ini sangat menular dan berbahaya bagi kucing.

Sangking fatalnya, virus Panleu bisa menyebabkan kematian mendadak pada kucing apabila tidak segera mendapat penanganan.

Baca Juga: Waspada Musim Hujan Tiba! Ini 5 Penyakit yang Biasa Muncul akibat Banjir

Kucing-kucing yang terinfeksi virus Panleu akan kehilangan fungsi sistem kekebalan tubuh mereka. Hal ini karena virus Panleu akan menghancurkan sel darah merah yang berguna untuk melawan infeksi pada tubuh kucing.

Pada umumnya, kucing terinfeksi virus Panleu pada rentang usia 3-5 bulan memiliki kemungkinan bertahan hidup yang lebih kecil dibanding kucing dewasa.

Perlu diketahui bahwa virus Panleu dapat bertahan hidup di lingkungan sekitar dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, tak heran apabila seekor kucing yang tidak pernah berinteraksi dengan kucing lain pun masih memungkinkan untuk terinfeksi.

Beberapa gejala yang menunjukkan kemungkinan infeksi virus Panleu pada kucing, antara lain adalah demam, depresi (tidak aktif dan lebih banyak tidur), muntah, diare (terkadang disertai darah), dan dehidrasi.

Baca Juga: 3 Tips Bikin Password yang Susah Ditebak

Halaman:

Editor: Rio Rizky Pangestu


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x