Cacar Monyet: Pengertian, Gejala, dan Cara Penularannya

- 21 Mei 2022, 07:10 WIB
Ilustrasi penyakit cacar monyet. Simak pengertian, gejala, dan penularan cacar monyet atau monkeypox.
Ilustrasi penyakit cacar monyet. Simak pengertian, gejala, dan penularan cacar monyet atau monkeypox. /Pixabay/Gerd Altmann

PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan masyarakat dunia terkait adanya kasus cacar monyet di sejumlah negara.

Bahkan berdasarkan penuturan WHO, jumlah kasus cacar monyet di Inggris bertambah.

Selain di Inggris, kasus cacar monyet ditemukan juga di Amerika Serikat dan menjadi kasus pertama di negeri paman sam tersebut.

Masyarakat tidak perlu panik namun tetap perlu waspada dalam mencegah tertularnya penyakit cacar monyet yang disebabkan oleh virus monkeypox. Kita perlu mengetahui apa itu cacar monyet dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Baca Juga: Gejala Awal Virus Hendra, Bisa Menular dari Hewan ke Manusia

Apa itu Cacar Monyet?

Monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeypox.Gejala awalnya ditandai dengan demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan ruam yang meluas dan ruam ini menyebabkan banyak lesi pada wajah dan ekstremitas.

Monkeypox merupakan penyakit zoonosis, penyakit ini bisa menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Bisa juga menular dari satu manusia ke manusia lainnya.

Virus monkeypox merupakan bagian dari genus orthopoxvirus, yang termasuk virus penyebab penyakit cacar.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman

Sumber: Health Line

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network