Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Mental yang Belum Diketahui, Simak Penjelasan Ahli

- 12 Mei 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi. Simak penjelasan dokter ahli kejiwaan asal Amerika Serikat, dr. Jamie Keaton Jones, terkait manfaat tanaman hias bagi kesehatan mental.
Ilustrasi. Simak penjelasan dokter ahli kejiwaan asal Amerika Serikat, dr. Jamie Keaton Jones, terkait manfaat tanaman hias bagi kesehatan mental. /Pexels/Scott Webb

PIKIRAN RAKYAT - Tanaman hias kini menjadi sebuah tren yang banyak digandrungi banyak orang untuk menyalurkan hobi mereka. Selain sebagai hobi, ternyata menanam tanaman hias juga bisa membantu seseorang yang mengalami ganguan kesehatan mental.

Hal ini disampaikan oleh dr. Jamie Keaton Jones, dokter ahli kejiwaan asal Washington DC, Amerika Serikat. Ia juga mengatakan, warna hijau yang ada pada tanaman secara psikologis dapat meredakan emosi yang dirasakan pada penderita gangguan kesehatan mental.

"Tanaman hias juga dapat menurunkan tingkat stres dan depresi seseorang, Bisa juga meningkatkan kemampuan bersosialisasi, melatih fokus, meningkatkan kinerja kognitif, membantu meningkatkan suasana hati lebih baik," ujarnya menerangkan.

Manfaat tanaman hias bagi kesehatan mental juga diaminkan oleh dr. Jenny Seham, dokter ahli kejiwaan sekaligus kepala ahli pengobatan tanaman terpadu asal New York, Amerika Serikat.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Dikhawatirkan Jadi Pandemi Seperti Covid-19, Ahli Buka Suara

Dia menuturkan, semua tanaman baik yang berada di alam bebas atau di hutan, atau di taman kecil dan pekarangan rumah memiliki banyak manfaat bagi penderita gangguan kesehatan mental.

“Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pasien di rumah sakit yang memiliki tanaman di kamar mereka lebih mudah pulih, tekanan darah menurun, tidak mudah lelah dan meredakan gangguan kecemasan ketimbang mereka yang tidak memiliki tanaman di kamarnya," ujar Seham menerangkan.

”Kortisol, hormon stres, telah terbukti menurun saat berinteraksi tanaman, meredakan rasa lelah, amarah dan tekanan darah. Berkebun dan merawat tanaman dapat membantu orang menjauhkan diri dari pikiran negatif," ujarnya lagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman dan berkebun membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi, sekaligus meningkatkan produktivitas dan kadar serotonin, neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk meningkatkan suasana hati.

Halaman:

Editor: Irwan Suherman

Sumber: The Healthy

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network