Anak Kerap Sakit Kepala dan Mimisan saat Kepanasan? Dokter Spesialis Saraf Ungkap Penyebabnya

- 5 Juni 2020, 07:50 WIB
ILUSTRASI sakit kepala pada anak-anak ketika kepanasan.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Dokter spesialis saraf di Eka Hospital Cibubur, Yonathan Andrian, menjelaskan penyebab anak-anak kerap kali mengalami sakit kepala yang disertai hidung berdarah atau mimisan

Dokter Yonathan mengatakan bahwa pembuluh darah anak-anak masih terbilang rapuh ketimbang orang dewasa, sehingga mudah pecah. 

"Pembuluh darah anak masih rapuh, sakit kepala karena kepanasan, pembuluh darah pecah. Mesti pemeriksaan dilakukan lebih lanjut," kata Yonathan.

Baca Juga: Ditemukan Mayat Pria Paruh Baya Terbujur Kaku di WC Umum Area Terminal Indihiang Tasikmalaya

Ia melanjutkan, pembuluh darah di kepala, khususnya anak-anak, cukup sensitif. Sehingga, pembuluh darah di kepala kerap membesar saat merespon sinar matahari. Kondisi ini sesekali bisa membuat seseorang sakit kepala.

"Sakit karena pembuluh darah di kepala membesar, (ini) respon normal bisa karena matahari, sesekali bikin sakit kepala. Ini tanda terlalu capek," tutur Yonathan.

Jika hal tersebut terjadi, dokter menyarankan segerah untuk beristirahat, mencari tempat teduh lalu melanjutkan kegiatan.

Baca Juga: Pemohon SKCK di Tasikmalaya Membludak hingga Abaikan Ketentuan Protokol Kesehatan

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-cirebon.com dengan judul "Dokter Ungkap Alasan Munculnya Sakit Kepala Disertai Mimisan pada Anak-anak Ketika Kepanasan"

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Cirebon


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X