Cara Cegah Nyeri Tulang Belakang Saat WFH dari Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

- 1 Juni 2020, 11:04 WIB
ILUSTRASI work from home.* /PEXELS

PIKIRAN RAKYAT - Pakar kesehatan yang juga dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RS Siloam Semarang, dr Marisa mengingatkan adanya risiko gangguan kesehatan saat menjalani kegiatan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

Menurutnya, risiko gangguan kesehatan berupa nyeri punggung memang cukup sulit dihindari terutama bagi kalangan pekerja yang melakukan kerja dari rumah.

"Ini karena para pekerja setidaknya akan duduk di tempat dan mungkin posisi yang sama dalam kurun waktu yang cukup lama. Hal itu memicu keram otot dan nyeri pada beberapa bagian punggung," katanya.

Baca Juga: Pebasket NBA JR Smith Ngamuk Pukuli Orang Saat Unjuk Rasa George Floyd

Lebih lanjut, Marisa mengatakan secara umum nyeri punggung saat WFH disebabkan oleh mekanik atau penggunaan otot secara berlebih atau akibat cedera yang menimbulkan ketegangan otot.

"Ini juga yang menjadi penyebab terbanyak atau 80 hingga 90 persen terjadinya nyeri punggung pada umumnya," katanya.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiranrakyat-depok.com dengan judul "Hindari Potensi Risiko Gangguan Kesehatan, Pakar Bagikan Posisi Duduk yang Tepat Saat Jalani WFH"

Baca Juga: Hattrick Jadon Sancho Bikin Paderborn Luluh Lantak di Kandang Sendiri, Borussia Dortmund Pesta Gol

Marisa menyebutkan aktivitas lebih banyak duduk atau jarang bergerak akan menyebabkan nyeri punggung bagian bawah mengarah ke tulang ekor.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X