Studi Terbaru Sebut Kopi Punya Potensi Turunkan Risiko Penyakit Batu Empedu dan Pankreatitis

- 31 Mei 2020, 06:00 WIB
POTRET biji kopi.* /Pexels

ILUSTRASI kopi.*
ILUSTRASI kopi.*

PIKIRAN RAKYAT - Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC) menyebutkan bahwa kopi memiliki potensi baik untuk terbebas dari penyakit batu empedu dan peradangan pada pankreas (Pankreatitis).

Diketahui, batu empedu adalah gangguan pencernaan umum yang disebabkan oleh akumulasi batu empedu di kantong empedu atau saluran empedu. Sebanyak 10-15 persen orang dewasa mengalami masalah ini.

Informasi tersebut berada dalam laporan ilmiah berjudul "Kopi dan Pengaruhnya terhadap Pencernaan" yang menjelaskan bahwa kopi bisa membantu proses pencernaan. 

Baca Juga: Teror Pembunuhan Terhadap Wartawan, PWI dan Forum Pemred Ambil Sikap

loading...

Selain itu, kopi pun dipercaya dapat mempromosikan motilitas usus, yakni kemampuan bergerak menggunakan energi metabolik. 

Profesor Carlo La Vecchia dari Departemen Ilmu Klinis dan Kesehatan Masyarakat, Universitas Milan, Italia mengatakan efek kopi pada pencernaan merupakan salah satu penelitian yang terus berkembang. 

Bahkan ada sebuah data yang menunjukkan manfaat kopi terhadap keluhan pencernaan umum seperti sembelit, serta potensi pengurangan risiko kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati kronis, penyakit hati berlemak non-alkohol, batu empedu dan pankreatitis.

Baca Juga: UU Penyiaran Tidak Atur Nettflix dan Youtube, RCTI dan INews Gugat ke MK

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X