Studi Tiongkok Temukan Kemiripan Virus Corona dan HIV saat Menyerang Sistem Imun Tubuh

- 27 Mei 2020, 15:11 WIB
ILUSTRASI virus corona.* /pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Peneliti Tiongkok mengklaim telah menemukan fakta baru, bahwa virus corona dan HIV memiliki cara yang sama untuk menghindari pertahanan imun tubuh.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para ilmuwan Tiongkok, menemukan bahwa SARS-CoV-2 atau dikenal sebagai virus corona baru, menggunakan strategi yang sama untuk menghindari serangan dari sistem kekebalan tubuh manusia seperti HIV.

Sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari SCMP, dalam makalah non-peer review yang diunggah di situs pracetak bioRxiv.org pada Minggu, 24 Mei 2020 kemarin, peneliti menuliskan bahwa kedua virus tersebut menghilangkan molekul penanda pada permukaan sel yang terinfeksi.

Baca Juga: Statistik Persib: Febri Hariyadi Catatkan Dua Brace di Musim 2019, Segini Koleksi Golnya Sejak 2016

Hal tersebut mengakibatkan sistem imun manusia sulit mengidentifikasi infeksi yang masuk ke dalam tubuh.

Mereka memperingatkan bahwa kesamaan ini dapat berarti bahwa SARS-CoV-2 kemungkinan akan ada untuk beberapa waktu, seperti HIV.

Ahli virologi Zhang Hui dan tim dari Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou mengatakan penemuan mereka itu menambah bobot pada pengamatan klinis bahwa SARS-CoV-2 menunjukkan beberapa karakteristik virus yang menyebabkan infeksi kronis.

Baca Juga: Persiapkan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru, Jokowi Perketat Wilayah Jawa Timur

Dalam penelitian yang dilakukan mereka melibatkan pengumpulan sel T pembunuh dari lima pasien yang baru pulih dari COVID-19.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X