Efek Samping dan Tindakan Pencegahan dari Penggunaan Chanca Piedra

- 26 Mei 2020, 13:47 WIB
ILUSTRASI chanca piedra.* /Instagram @lulu_enpassant

PIKIRAN RAKYATChanca piedra adalah tanaman tropis yang sangat mudah dijumpai dan ini juga bisa dijadikan sebagai obat yang dikonsumsi menjadi suplemen.

Selain memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, chanca piedra juga memiliki efek samping yang tidak baik untuk kesehatan.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Healthline, berikut ini efek samping dan tindakan pencegahan dari penggunaan chanca piedra.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan dari Penggunaan Chanca Piedra, Salah Satunya Meredakan Encok 

Dalam satu penelitian pada manusia beberapa efek samping yang dilaporkan dari suplemen chanca piedra ini termasuk sakit perut, buang air kecil yang menyakitkan, darah dalam urin dan mual.

Nyeri perut adalah yang paling umum, dengan yang lain jauh lebih jarang dilaporkan.

Chanca piedra juga dapat menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah, jadi harus digunakan dengan hati-hati jika Anda sedang menjalani pengobatan tekanan darah atau penurunan gula darah.

Baca Juga: Mal di Bekasi Dikabarkan Buka Kembali Setelah Dikunjungi Jokowi, Simak Faktanya

Ingatlah bahwa suplemen tidak diatur oleh organisasi pemerintah mana pun, jadi ada sedikit pengawasan untuk memastikan bahwa label tersebut adalah representasi jujur dari apa yang ada dalam suplemen.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: healthline


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Zona Priangan

Ferrari Lepas Vettel

5 Juli 2020, 22:24 WIB
X