Cegah Lonjakan Berat Badan dan Kolesterol Usai Idul Fitri, Salah Satunya dengan Puasa Syawal

- 24 Mei 2020, 08:41 WIB
MENGKONSUMSI terlalu banyak santan dan lemak rupanya dapat membahayakan tubuh, salah satunya kadar kolesterol naik /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Pola makan saat Lebaran didominasi dengan makanan yang mengandung tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana.

Lemak berasal dari kacang-kacangan,  minyak (makanan yang digoreng), margarin (kue dan cake), serta makanan bersantan (bumbu kare, rendang, gulai, dll). 

Karbohidrat sederhana berasal dari berbagai makanan dan minuman yang mengandung gula, serta makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat terolah (high refine), yaitu semua makanan yang berasal dari tepung baik tepung terigu, tepung beras, maupun tepung tapioka/kanji. 

Baca Juga: Spanyol Perbolehkan Masuknya Warga Asing dan Memulai Sepak Bola La Liga

Namun tahukah Anda bahwa melaksanakan puasa Syawal setelah Hari Raya Idul Fitri, dapat mencegah pembentukan kolesterol dari lemak dan karbohidrat tinggi.

Karena diketahui, gabungan antara makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat sederhana dan sangat terolah ini me­rupakan bahan yang sangat baik untuk meningkatkan pembentukan lemak tubuh, trigliserida di dalam darah, ataupun pembentukan kolesterol

Agar berat badan, atau kadar trigli­serida serta kolesterolnya tidak melonjak setelah Lebaran, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Baca Juga: Nekat, Sopir Ambulans Angkut Pemudik untuk Menyeberang dari Pulau Bali

1). Menikmati berbagai makanan saat Lebaran sebaiknya tidak berlebih­an. Kalaupun akan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman de­ngak agak bebas, batasi hanya 1 atau 2 hari saja atau 1-2 Syawal.

2) Pada hari ketiga Lebaran atau 3 Syawal sebaiknya kita mengikuti anjur­an Rasulullah saw, yaitu berpuasa Syawal. Dalam hadist yang diriwayat­kan oleh Muslim, Rasulullah bersabda, ”Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).  

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X