Harus Berhati-hati, 3 Makanan Berikut Ternyata Mengandung Sianida

- 22 Mei 2020, 11:10 WIB
SIANIDA merupakan zat beracun yang sebenarnya juga terkandung dalam beberapa jenis makanan. Apa saja makanan yang mengandung sianida? /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Sianida merupakan zat kimia yang bekerja dengan cepat dan berpotensi mematikan serta terdapat dalam berbagai bentuk.

Sianida dapat berupa gas yang tidak berwarna seperti hidrogen sianida (HCN), sianogen klorida (CNCI), bentuk kristal seperti natrium sianida (NaCN), atau kalium sianida (KCN).

Sianida kadang-kadang digambarkan memiliki bau ‘almond yang pahit’, tetapi tidak selalu mengeluarkan bau dan tidak semua orang dapat mendeteksi bau ini.

Baca Juga: Coreng Citra Putra Mahkota Arab Saudi, Pembunuhan Jurnalis yang Dipotong Tubuhnya Berakhir Haru

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sianida ternyata terkandung dalam beberapa jenis tanaman tertentu seperti singkong, kacang lima, dan almond.

Biji buah seperti aprikot dan buah persik juga memiliki sejumlah besar bahan kimia yang jika dimetabolisme akan berubah menjadi sianida.

Sianida juga terkandung dalam asap rokok dan produk pembakaran dari bahan sintesis seperti plastik.

Dalam pembuatannya, sianida digunakan untuk membuat kertas, tekstil dan plastik, serta bahan kimia yang digunakan untuk mencetak foto.

Baca Juga: Gaungkan Semangat Reformasi, PKB : Kuatkan Gerakkan Sosial-Ekonomi Rakyat

Halaman:

Editor: Andika Thaselia Prahastiwi

Sumber: CDC


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X