Apakah Cuaca Hangat Bisa Menghentikan Penyebaran COVID-19? Berikut Hasil Penelitiannya

- 21 Mei 2020, 10:49 WIB
PENELITI ungkap bahwa sangat tidak mungkin jika suhu akan berperan dalam mengendalikan pandemi virus corona seperti hipotesis sebelumnya.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal menunjukkan bahwa kedatangan cuaca hangat mungkin tidak akan menghentikan penyebaran COVID-19 seperti yang diharapkan sebelumnya.

Namun, penelitian yang sama ini tampaknya mengindikasikan bahwa langkah-langkah kesehatan masyarakat seperti penutupan sekolah dan pembatasan pengumpulan sangat membantu.

Dr. Peter Juni, penulis penelitian dari Institut Kebijakan Kesehatan, Manajemen dan Evaluasi, Universitas Toronto dan Rumah Sakit St. Michael, mengatakan bahwa tujuan penelitian ini untuk menyelidiki apakah penyebaran COVID-19 akan melambat saat cuaca menjadi lebih hangat.

Baca Juga: Akibat Covid-19, Arus Peti Kemas di Pelabuhan Turun 4,8 Persen 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Peter mengatakan bahwa sangat tidak mungkin jika suhu akan berperan dalam mengendalikan pandemi.

“Peran kelembapan tidak jelas, tetapi data kami menunjukkan bahwa itu akan menjadi kecil (penyebaran),” kata Peter dalam laman Healthline dikutip Pikiran-Rakyat.com.

Namun, pembatasan pada pertemuan massal, penutupan sekolah dan menjaga jarak fisik tampaknya memainkan peran penting dalam membendung penyebaran penyakit ini.

Baca Juga: Pertama Kali Sejak 40 Tahun, Emisi Karbon di India Turun Akibat Lockdown Wabah Corona 

Bahkan data menunjukkan bahwa implementasi setidaknya dua intervensi ini dapat mengurangi pertumbuhan epidemi rata-rata 30 persen, kata Peter.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: healthline


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X