Setelah Berhasil Deteksi Kanker, Anjing Pelacak Kini Ditugaskan untuk Lacak OTG COVID-19

- 17 Mei 2020, 04:15 WIB
SEBUAH uji coba akan dilakukan oleh para ahli terhadap anjing yang ditugaskan untuk mendeteksi orang yang terjangkit COVID-19.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Inggris akan menguji coba penggunaan 'Covid Dogs' untuk membantu mendeteksi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang mungkin terinfeksi virus corona.

Dalam uji coba ini, anjing-anjing yang berhasil mendeteksi kanker tertentu akan menjalani pelatihan intensif untuk melihat apakah mereka dapat menemukan virus corona sebelum gejala muncul.

Para peneliti di London School of Hygiene & Tropical Medicine (LSHTM) akan melakukan tahap pertama uji coba bekerja sama dengan badan amal Medical Detection Dogs dan Universitas Durham.

Baca Juga: Statistik Persib: Fakta Ini Tak Bisa Pisahkan Djadjang Nurdjaman dan Maung Bandung 

Ini bertujuan untuk menentukan apakah anjing dapat mendeteksi virus corona pada manusia hanya dengan penciumannya atau tidak.

Uji coba menyatakan para pakar pengendali penyakit terkemuka dari Universitas dengan Medical Detection Dogs telah berhasil melatih anjing untuk mendeteksi bau berbagai penyakit pada manusia, seperti kanker, malaria dan penyakit parkinson.

Uji coba baru ini akan melihat apakah anjing campuran labradors dan cocker spaniels, dapat dilatih untuk mendeteksi virus corona pada manusia juga, bahkan jika manusia tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Baca Juga: BERITA BAIK Pasien COVID-19 yang Sembuh di Indonesia Hari Ini Tiga Kali Lipat Kasus Kematian 

“Deteksi anjing yang sudah ada dan yang bisa kami lakukan ini bisa memberikan hasil yang cepat,” kata Lord Bethell, Menteri Inovasi.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: mirror


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X