Setelah Ampedu Beruang, Antibodi Llama Kini Diklaim Dapat Obati COVID-19

- 30 April 2020, 17:04 WIB
ILUSTRASI Ilma.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Akibat adanya virus corona, muncul berbagai jenis obat yang diklaim dapat menyembuhkan penyakit ini.

Setelah pada Bulan Maret 2020 dihebohkan dengan adanya kabar yang berkaitan dengan obat COVID-19 bisa didapatkan dari ampedu beruang, kini ada lagi kabar baru yang masih berkaitan dengan hewan.

Kabarnya sebuah studi baru menunjukkan bahwa antibodi hewan yang tidak biasa dapat membantu para ilmuwan mengembangkan pengobatan terhadap virus corona.

Baca Juga: Kabar Duka, Aktor Bollywood Rishi Kapoor Meninggal Dunia

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Daily Mail, para peneliti menemukan dua salinan protein kekebalan yang diproduksi oleh llama dapat membuat antibodi baru yang meningkat erat ke bagian permukaan virus baru.

loading...

Bagian ini yang disebut protein lonjakan, apa yang virus corona gunakan untuk ‘membajak’ sel manusia, membuat salinan berlipat dari dirinya sendiri dan menyebar ke seluruh tubuh.

Tim yang dipimpin oleh University of Texas di Austin, mengatakan ini bisa mengarah ke vaksin atau perawatan yang diberikan kepada seseorang segera setelah mereka terinfeksi untuk memperlambat penyebaran virus.

“Ini adalah salah satu antibodi pertama yang diketahui menetralkan SARS-CoV-2,” kata seorang profesor biosains molekuler di UT Austin, dr. Jason McLellan.

Baca Juga: Tak Terjadi pada Orang Dewasa, Simak Satu Gejala Khusus Virus Corona pada Anak-anak

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Daily Mail


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X