WHO: Minum Alkohol Tingkatkan Risiko terhadap Virus Corona

- 18 April 2020, 18:30 WIB
ILUSTRASI peminum alkohol.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Dalam sebuah laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa meminum alkohol dapat membuat gejala virus corona lebih buruk bagi pasien karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Alkohol diketahui berbahaya bagi kesehatan secara umum, dan dipahami dengan baik untuk meningkatkan risiko cedera dan kekerasan, termasuk kekerasan pasangan intim, dan dapat menyebabkan keracunan alkohol," tulis WHO dalam pernyatannya, seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Mirror.

WHO juga menulis saat selama penguncian COVID-19, mengonsumsi alkohol dapat memperburuk kesehatan, perilaku yang menimbulkan risiko, masalah kesehatan mental dan kekerasan.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Olahraga Teratur Dapat Bantu Melindungi Diri dari Komplikasi COVID-19 

"WHO/Eropa mengingatkan orang-orang bahwa minum alkohol tidak melindungi mereka dari COVID-19, dan mendorong pemerintah untuk menegakkan langkah-langkah yang membatasi konsumsi alkohol," tambah WHO.

Laporan tersebut juga menyoroti mengonsumsi alkohol kadar tinggi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih sulit pulih dari virus.

WHO meminta orang-orang untuk meminimalkan konsumsi alkohol terutama selama pandemi COVID-19.

Baca Juga: Vebby Palwinta Resmi Menikah dengan Pria Keturunan Arab 

Laporan itu muncul setelah ada beberapa berita palsu di media sosial yang mengklaim meminum alkohol dapat membunuh virus.

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Mirror


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X