Batas Waktu Berjemur untuk Tiap Warna Kulit, Sawo Matang Maksimal 20 Menit per Hari

- 10 April 2020, 11:50 WIB
ILUSTRASI berjemur.* /

PIKIRAN RAKYAT - Kini masyarakat berbondong-bondong berjemur di bawah sinar matahari, selain karena sehat isu mencegah terpapar COVID-19 menjadi alasan dibalik hal tersebut.

Sinar matahari sendiri baik bagi tubuh manusia untuk memenuhi kebutuhan vitamin D.

Guna memenuhi vitamin D, diperlukan pula paparan ultraviolet B yang muncul pada sinar matahari antara pukul 09.30 sampai 14.30 WIB.

Baca Juga: P2MI Nyatakan MSG Aman Dikonsumsi dan Tidak Sebabkan Sakit Kepala

Tetapi menurut Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Budi Setiabudiawan, masih banyak masyarakat yang kerap keliru saat berjemur di bawah sinar matahari.

"Sinar ultraviolet yang mencapai ke bumi hanya 95 persen terdiri oleh Ultraviolet A. Sedangkan 5 persen Ultraviolet B. Nah ini yang dibutuhkan kulit kita, yakni Ultraviolet B. Karena Ultraviolet B dapat mengubah kolesterol yang ada pada lapisan kulit. Kolesterol akan diubah menjadi Vitamin D," ujarnya kepada PRFMNews.id.

Oleh sebab itu, Budi menegaskan agar masyarakat yang hendak berjemur di bawah sinar matahari, sebaiknya memilih waktu antara pukul 9.30 sampai 14.30 WIB.

Artikel ini telah tayang di PRFMNews dengan judul: 'Sesuaikan dengan Warna Kulit, Ini Durasi Ideal untuk Berjemur di Bawah Sinar Matahari'

Agar kulit mendapatkan paparan sinar Ultraviolet B yang berfungsi mengubah kolesterol pada kulit menjadi vitamin D.

Halaman:

Editor: Rahmi Nurfajriani

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X