Kamis, 28 Mei 2020

Selain Bermanfaat, Air Kelapa dan SantanTernyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

- 29 Maret 2020, 21:05 WIB
ILUSTRASI kelapa /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT – Kelapa adalah pohon yang umum ditemukan di daerah tropis yang menghasilkan banyak produk makanan dan minuman termasuk air kelapa, minyak, susu, dan krim.

Air kelapa dan santan yang merupakan produk olahan kelapa ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun ada pro dan kontra mengenai hal ini.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Healthline, berikut ini merupakan pro dan kontra minum air kelapa dan santan yang harus Anda ketahui.

Baca Juga: Jabar Bersiap Lockdown karena Corona, Ridwan Kamil: Tunggu Izin Pusat

Pro

Air kelapa telah menjadi sangat populer di kalangan orang yang aktif secara fisik karena kemampuannya untuk mengisi kembali beberapa nutrisi yang hilang setelah berolahraga.

Sebuah penelitian pada tikus yang diabetes menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu menurunkan stres oksidatif, kadar gula darah, dan A1c hemoglobin, indikator gula darah Anda selama 3 bulan terakhir.

Penelitian lebih lanjut pada tikus juga menunjukkan bahwa air kelapa dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol darah, trigliserida.

Selain itu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Namun, penelitian pada manusia masih diperlukan untuk mengkonfirmasi klaim ini.

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega

Sumber: healthline


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X