Ahli Toksikologi Sebut Nikotin Bukan Penyebab Penyakit Terkait Merokok

- 22 Maret 2020, 13:13 WIB
ILUSTRASI rokok.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Banyak yang beranggapan bahwa produk tembakau alternatif dinilai memiliki bahaya yang sama bagi kesehatan seperti rokok.

Salah satu alasannya karena produk tersebut mengandung nikotin.

Namun, Ahli Toksikologi dari Universitas Airlangga, Sho’im Hidayat, menyatakan bahwa anggapan tersebut keliru, karena bukan nikotin yang menyebabkan penyakit terkait merokok.

 Baca Juga: Pemkot Cimahi Umumkan Kemunculan Kasus Pertama Pasien Positif Virus Corona

“Secara kimiawi, nikotin merupakan senyawa organik kelompok alkaloid. Ia dihasilkan secara alami oleh berbagai macam tumbuhan, seperti terung, kentang, tomat, dan tembakau,” kata Sho’im melalui rilis yang diterima, Minggu, 22 Maret 2020.

Nikotin, katanya, dapat menyebabkan ketergantungan dan bersifat stimulan ringan.

Namun, nikotin bukan penyebab utama penyakit berbahaya yang diakibatkan oleh rokok, seperti penyakit jantung dan kanker.

 Baca Juga: Rumor iPhone 12 akan Mengusung Layar Kecil yang Hanya Berukuran 5,4 Inci

Sho’im menjelaskan senyawa berbahaya yang dikandung rokok adalah TAR. Zat tersebut mengandung berbagai karsinogen yang dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya karena adanya proses pembakaran.

Mengacu data National Cancer Institute Amerika Serikat, hampir dari 7.000 bahan kimia yang ada di dalam rokok, 2.000 di antaranya terdapat pada TAR.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X