Studi Menunjukkan Kembang Kol dapat Mengurangi Risiko Berbagai Macam Kanker

- 24 Januari 2020, 21:30 WIB
Ilustrasi kembang kol.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Kembang Kol, sayuran sederhana cukup populer di seluruh dunia karena fleksibilitasnya yang menjadikannya hidangan yang dimasak, salad, dan sup. 

Namun terlepas dari rasa yang ditawarkannya, kembang Kol disebut-sebut sebagai salah satu sayuran yang dapat membantu mencegah penyakit kronis termasuk kanker.

Kembang kol merupakan sumber nutrisi dari vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, magnesium, mangan dan beberapa karotenoid (lutein, zeaxanthin dan betakaroten).

Baca Juga: Kabar 3 Turis Asing Suspect Virus Corona di Bali Kadung Heboh, RSUP Sanglah Ungkap Faktanya

Kembang kol memiliki beragam manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, meningkatkan pencernaan, mengurangi peradangan, menjaga jantung tetap sehat, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan sebagainya.

Sayuran silangan ini mengandung sekelompok zat yang dikenal sebagai glukosinolat yang merupakan senyawa yang mengandung belerang.

Mereka dipecah dalam tubuh untuk membentuk senyawa aktif biologis seperti isotiosianat, indole, nitril dan tiosianat yang diketahui menunjukkan efek anti-kanker.

Baca Juga: Kabar 3 Turis Asing Suspect Virus Corona di Bali Kadung Heboh, RSUP Sanglah Ungkap Faktanya

Menurut penelitian, indole dan isothiocyanate telah ditemukan untuk menghentikan perkembangan berbagai jenis kanker termasuk kanker kandung kemih, usus besar, payudara, hati, paru-paru dan perut.

Halaman:

Editor: Mitha Paradilla Rayadi

Sumber: Boldsky


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X