Rabu, 1 April 2020

Dua Kesalahan Fatal Saat Memanggang

- 26 Desember 2019, 19:43 WIB
ILUSTRASI.*/CANVA /

MEMANGGANG merupakan salah satu metode memasak yang membuat makanan memiliki aroma wangi yang sangat menggoda. Metode ini tak pernah usang oleh waktu, karena selalu diminati masyarakat dari hampir semua negara.

Banyak orang yang beranggapan, memanggang adalah hal yang sangat mudah. Tinggal siapkan oven atau tungku pembakaran atau bahkan pan, lalu masukkan bahan yang akan dipanggang dan selesai. Padahal, kenyataannya tak semudah itu.

Executive Chef Hilton Hotel Bandung Tony Eka Saputra mengatakan, setidaknya ada dua kesalahan fatal yang seringkali dilakukan orang ketika memanggang.

Baca Juga: 6 Kebab Kekinian di Bandung, Isi Indomie, Pakai Arang, sampai Kreasi Manis

Padahal, untuk mendapatkan cita rasa hasil pemanggangan yang lezat, daging harus dipanggang dengan benar. Jika salah memanggang daging, maka hasilnya bisa alot atau keras, serta daging yang gosong.

loading...

"Hal utama yang paling sering dilakukan adalah bumbu marinasi yang berlebihan," kata Tony, ketika ditemui di Hilton Hotel Bandung, beberapa waktu lalu.

Bahan yang sebenarnya harus dihindari saat proses pemanggangan adalah gula dan saus. "Gula dan saus akan membuat daging terkaramelisasi karena mudah terbakar, sehingga membuat daging gosong," ucap Tony.

Dia juga menyebutkan, kecap sebaiknya dihindari. Untuk menambahkan rasa, saus dan kecap bisa dioleskan ketika daging hampir matang atau sudah matang sepenuhnya.

Penggunaan bumbu minimalis seperti garam, dan beberapa ditambahkan lada akan membantu mengeluarkan rasa asli dari daging. Sebaliknya, pengunaan bumbu rempah yang berlebihan akan menutupi rasa asli daging.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X