Senin, 1 Juni 2020

Veneer Lebih Populer, Dokter Gigi Jelaskan Untung Ruginya Dibandingkan Whitening

- 15 Desember 2019, 08:49 WIB
DEDDY Corbuzier, salah satu selebritas yang melakukan veneer pada gigi.* /Instagram

SETELAH mengetahui sisi positif dan negatif kedua prosedur medis pemutihan gigi, sebenarnya mana yang lebih banyak dilakukan orang. Apakah whitening, atau veneer?

Whitening atau pemutihan gigi adalah tindakan medis yang dilakukan untuk mencerahkan warna gigi, dengan menghilangkan noda pada permukaan gigi.

Sementara veneer gigi adalah prosedur medis yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan gigi seseorang dengan cara menempelkan veneer di bagian depan gigi. Veneer dapat menutupi kecacatan pada gigi, seperti bentuk, warna, dan ukuran gigi yang tidak sesuai dengan keinginan pasien.

Baca Juga: Whitening atau Veneer Gigi, Mana yang Lebih Populer?

Dokter Spesialis Konservasi Gigi Yunita Dewi menyebutkan, beberapa tahun lalu, orang relatif lebih menyukai whitening. Hal itu disebabkan oleh mekanisme yang lebih singkat, serta biaya yang lebih murah.

Akan tetapi, belakangan ini pilihan orang lebih mengerucut pada veneer. Meskipun bersifat permanen dan tidak dapat dikembalikan, orang lebih memilih veneer karena sifatnya yang lebih tahan lama.

Dari segi biaya, tindakan veneer juga lebih mahal dibandingkan whitening. Besarannya bisa dua atau tiga kali lipat dibandingkan whitening. Walau demikian, orang tidak keberatan mengingat daya tahan yang diberikan.

Baca Juga: Sebelum Melakukan Whitening atau Veneer Gigi, Sebaiknya Perhatikan Ini

Hanya saja, Yunita mengingatkan pasien untuk tidak tergiur dengan harga perawatan gigi di salon-salon yang menawarkan harga miring. Selain tidak diawasi oleh ahli, perawatan gigi semacam itu tidak didasarkan pada prosedur medis, sehingga kurang bisa dipertanggungjawabkan.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X