Kamis, 4 Juni 2020

27 Tahun Turtles Jr.: Panjang Umur "Kuya Ngora!"

- 12 Oktober 2019, 19:49 WIB
SUASANA acara 27th Turtles Jr., di Freshbeer, Braga, Bandung, Kamis, 10 Oktober 2019 malam. Panggung malam itu juga sekaligus memperkenalkan album baru.*/MUHAMMAD FIKRY MAULUDI/PR

DI tengah kepadatan penonton, dua anak muda terengah, mengejar napas tersisa. Masih mengap-mengap, sempat-sempatnya mereka saling bersahutan, “Punk Not Dead!”, “Turtle Not Dead!”. Teriakan itu keluar meluap dari wajah-wajah kesenangan.

Di sekitar mereka, kondisinya serupa. Tua-muda banjir keringat. Beberapa dari mereka mulai gontai sambil menghela napas. Suasana itu terlihat saat Turtles Jr. selesai memainkan lagu kesembilan, This Is Fuck Off System.

Tak lama, intro lagu AGTB terdengar di speaker. Kumpulan pecinta punk di depan panggung mulai kembali bergerak pogo. Dari belakang, sekumpulan lain menggeruduk. Jaket penuh spike beradu dengan kulit tubuh fans Turtles Jr. yang bertelanjang dada.

Satu-dua orang melompat dan mulai melakukan crowd surfing. Dengan ruang terbatas, mosh pit atau crowd surfing memang masih tergolong aman. Di scene underground, mereka saling menjaga satu sama lain.

Saat seseorang terjatuh, beberapa dari mereka sigap membuat barikade kecil dan mengangkat anak muda itu hingga kembali berdiri. Bunyi pukulan drum yang masih mengentak membuat mereka kembali pogo, tak ingin melewatkan sedikit pun irama cepat yang tengah bermain di depan mereka.

Sepanjang 27 lagu berpacu kencang di Freshbeer, Braga, Bandung, Kamis, 10 Oktober 2019 malam, tak terlihat energi crowd yang mengendur. Apalagi, di atas panggung adalah band legenda yang mereka hormati: Turtles Jr.

Berulang tahun ke-27

Malam itu merupakan hari istimewa. Turtles Jr. berulang tahun yang ke-27. Usia yang menggambarkan betapa jauh masa-masa awal band itu mulai mengenalkan diri di ranah musik bawah tanah Bandung.

Turtles Jr. terbentuk melalui Yoni, Tengkoe, Dohem, dan Boeboen “Boentar”, pada 1992 lalu. Dari beberapa lagu hits semacam Kuya Ngora yang dimainkan Turtles Jr. malam itu, beberapa dari barudak punk yang hadir mungkin belum lahir.

Tetapi, lagu itu terus menggema, menerjang tahun, mendobrak masa, sekaligus mengiringi beragam generasi. Lagu-lagu Turtles Jr. masih mampu menggerakkan penentangan atas ketimpangan sosial dan ekonomi, kebusukan politik, di jiwa barudak punk, sampai kapanpun.

Halaman:

Editor: Endah Asih


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X