Jumat, 28 Februari 2020

Trio Kamila Akhirnya Rilis Album Perdana

- 7 Oktober 2019, 21:55 WIB
TRIO Kamila yang diawaki musisi Ava Victoria, Ana Achjuman, dan Mia Ismi Halida, merilis album perdana bertajuk Kamila diJalan Kemang Raya, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

DIHUNI para musisi berpengalaman, Kamila merupakan grup musik berbentuk trio yang menawarkan warna berbeda di industri musik Indonesia. Terbentuk sejak 2015, Kamila diawaki Ava Victoria, Ana Achjuman, dan Mia Ismi Halida. Formasi mereka tak hanya sebagai trio vokal, tapi juga bermain biola.

Ava Victoria dikenal sebagai pemain biola antara lain Magenta Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Dian HP, dan Oni N Friends. Di balik layar, Ava juga aktif sebagai produser, komponis, dan penata musik sejumlah konser musikal, seperti Konser Dongeng Naura dan Drama Musikal Bawang Merah Bawang Putih.

Seperti Ava, Ana Achjuman juga merupakan personel sejumlah kelompok orkestra, antara lain Magenta Orchestra, Widya Kristiyanti Orchestra, dan Twilight Youth Orchestra. Ana yang merupakan adik Ava juga menulis lagu seperti Tradisi untuk Keroncong Musyawarah dan Fine Kind untuk BimaZeno.

Sementara itu, Mia Ismi Halida adalah penyanyi, pemain biola, komponis, pengarah vokal, dan pelatih vokal. Mia juga kerap tampil solo di dalam negeri, istana negara, dan mempromosikan Indonesia ke mancanegara, seperti Rusia, Inggris, Turki, Jepang, Tiongkok, Spanyol, dan negara-negara Asia Tenggara.

Sejak 2015, Kamila aktif bermusik dan telah merilis delapan single secara digital. Nama Kamila mereka pilih untuk menggambarkan karakter musik yang disuguhkan. Diambil dari bahasa Arab, Kamila memiliki arti kesempurnaan.

Kini, setelah nyaris empat tahun dengan deretan single, Kamila merilis album perdananya dalam judul Kamila. Album berisi delapan nomor ini didominasi lagu pop yang dibalut aransemen musik elektronik dan string akustik. Di album ini, Rishanda Singgih didaulat untuk menjadi produser dan menulis melodi beberapa nomor.

"Sejak 2015 sudah merilis single yang bentuknya per proyek, karena selalu ada kolaborasi dengan seniman lain. Misalnya Masyarakat Peduli Indonesia, Glenn Fredly, Tompi, Agus Noor, dan Oddie Agam. Sekitar dua tahun lalu kami memutuskan untuk mulai menggarap album perdana yang menunjukan musik Kamila," tutur Ava di Jalan Kemang Raya, Jakarta, Senin, 7 Oktober 2019.

Menurut Ava, untuk album Kamila, mereka sengaja menggandeng Rishanda Singgih sebagai produser untuk mengakomodasi kenginginan setiap personel. Ava, Ana, dan Mia memiliki referensi musik yang berbeda-beda. Saat proses rekaman pun mereka banyak mau. Jadi Rishanda bertindak seperti 'wasit' yang menyatukan kemauan awak Kamila.

Halaman:

Editor: Endah Asih

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X