Minggu, 15 Desember 2019

Badan Bugar dengan Senam Radio

- 23 Juli 2019, 15:56 WIB
SENAM Rajio Taiso yang digandrungi masyarakat Jepang.*/ THE GUARDIAN

JUTAAN orang bergabung dalam rajio taisō (senam radio) massal yang disiarkan setiap hari selama hampir 70 tahun.

 "Satu, dua, tiga, empat ... lima, enam, tujuh, delapan ..." Itulah isyarat bagi orang yang berani menghadapi pagi yang hangat di taman Kamezuka Tokyo untuk menekuk badan, meregangkannya, melompat, dan berlari di tempat.

Seperti dilansir The Guardian awal pekan ini, pelatih grup tersebut adalah radio portabel yang bertengger di bagian atas seluncuran anak. Instruksi sederhana bersuarakan laki-laki dengan iringan piano yang riang menjadi pokok kehidupan sehari-hari di Jepang sejak siaran tersebut dimulai. Siaran tersebut dikenal sebagai rajio taisō (senam radio). Pertama kali mengudara hampir seabad lalu.

Rutinitas tiga menit adalah cara yang sempurna untuk memulai hari, kata Yukihide Maruyama, seorang pensiunan pengusaha yang berusia 79 tahun yang telah melakukan rutinitas itu hampir setiap hari selama satu dekade.

"Latihannya tidak sesulit seperti yang dipikirkan, dan setelah itu kamu akan merasakan tubuhmu sudah bangun dengan benar."

Latihan komunal Jepang ini hampir tidak berubah sejak biro asuransi kesehatan di kantor pos terinspirasi oleh latihan pagi yang disiarkan oleh perusahaan asuransi AS Metropolitan Life.

Diluncurkanlah rajio taisō pada November 1928 untuk merayakan Kaisar Hirohito naik tahta.

Saat ini Tokyo sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2020. Komunitas senam Jepang pun berharap untuk meningkatkan minat pada rajio taisō.

Hal itu dilakukan dengan latihan massal di akhir bulan ini yang melibatkan 10 juta orang di setiap satu dari 47 prefektur negara, termasuk 12.000 di dalam stadion utama Olimpiade.


Halaman:

Editor: ella yuniaperdani

Tags

Komentar

Terkini

X