Jumat, 21 Februari 2020

Ayo Jadi Kurir Sepeda, Profesi Menjanjikan dan Ramah Lingkungan

- 18 Juli 2019, 09:41 WIB
PREMIUM Rush/COLUMBIA PICTURES

BAGI yang pernah menonton film Premium Rush, pasti bisa merasakan bagaimana serunya mengayuh sepeda di tengah kemacetan jalanan yang penuh kendaraan bermotor.

Film itu mengisahkan kurir sepeda terbaik di New York bernama Wilee yang terlibat konflik dengan polisi korup ketika mengantarkan paket berisi uang.

Profesi ala Wilee yang diperankan Josep Gordon Levitt nyata adanya, bukan sekadar adegan film. Puluhan bahkan ratusan kurir sepeda tersebar di sejumlah negara di dunia, tidak ketinggalan juga di Indonesia.

Tak semua orang tahu, di Jakarta sudah banyak kurir sepeda ala Wille berkeliling menggunakan sepeda. Mereka mengantarkan paket dan dokumen dari gedung ke gedung lainnya, dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Berbeda dengan Wilee yang harus berhadapan dengan polisi korup, para kurir sepeda di Indonesia harus berjibaku dengan jahatnya kemacetan dan kotornya udara jalanan.

"Kami kurir sepeda membawa misi pekerjaan yang ramah lingkungan," ujar Hendi Rachmat (42) ketika mengenalkan usaha rintisannya, Senin 15 Juli 2019.

Hendi Rachmat, pendiri sekaligus COO Westbike Messenger Service (WMS) memelopori berdirinya layanan kurir sepeda kekinian pada 2013 bersama rekannya, Duenno Ludissa.

Layanan jasa logistik bukan barang baru di Indonesia. Tempo dulu mengantar surat atau paket menggunakan sepeda juga sudah dilakoni petugas PT Pos Indonesia, pada era 50-an.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X