Butuh Self-healing Sejenak? Yuk, ke Situ Gunung, Sukabumi!

- 1 Desember 2021, 06:47 WIB
Danau Situ Gunung.
Danau Situ Gunung. /Dok. Kemenparekraf

PIKIRAN RAKYAT - Menjalani kenormalan baru membuat banyak orang ingin menghadapinya dengan cara-cara yang dirasa mampu memberikan self-healing.  Salah satunya dengan staycation.  Istilah yang semakin popular kala pandemi ini, dan menjadi tren di masyarakat.  Staycation favorit kebanyakan orang adalah dengan kembali ke alam.  Berwisata sambil menikmati keindahan alam.  Ya, staycation sambil wisata alam telah jadi tren tersendiri di masa sekarang ini.

Dengan kekayaan alam Indonesia, lokasi wisata alam terbilang beragam dan dimiliki setiap kota ataupun kabupaten seluruh Indonesia.  Satu yang tak bisa dilewatkan adalah Sukabumi.  Kala menjejakkan kaki ke wilayah Jawa Barat, rasanya tak lengkap kalau tidak menikmati wisata alam di Kota Santri ini. 

Sukabumi memiliki segudang panorama alam yang indah dan bakal memanjakan mata, mulai dari curug, danau, pantai, goa, tebing sampai kawasan perbukitannya.  Salah satunya, Situ Gunung, yang berjarak 16 kilometer dari pusat Kota Sukabumi dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit.  Warga ibukota yang ingin berkunjung ke kawasan Situ Gunung dapat menempuh perjalanan dalam waktu kurang lebih 3 jam dari Jakarta. 

Objek wisata yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini menyajikan pilihan wisata lengkap, mulai dari pemandangan danau, air terjun, jembatan gantung, hingga area perkemahan dan glamping untuk staycation

Baca Juga: PPKM di Jakarta Naik ke Level 2, Wagub DKI: Harus Disikapi dengan Bijak

Menikmati Keindahan Danau Situ Gunung

Danau Situ Gunung.
Danau Situ Gunung.

Dalam bahasa Sunda, ‘situ’berarti danau. Maka jangan heran jika danau adalah kawasan yang menjadi daya tarik utama wisata Situ Gunung. Kawasan danau buatan ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan dengan kejernihan air danau yang memancarkan bayangan pohon pinus serta langit dan awan.

Suasana danau yang tenang, hawa sejuk,dan pemandangan asri membuat wisatawan betah berlama-lama. Suara kicauan burung terkadang menemani waktu santai di tepi danau. Apalagi, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar danau, seperti piknik bersama keluarga, memancing, berkemah,atau sekadar berfoto di sekitardanau.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network