Jumat, 13 Desember 2019

Peta Kekuatan “Perang Sarung” Selama Ramadan

- 30 Mei 2019, 20:07 WIB
PEKERJA menyelesaikan produksi kain sarung di Pabrik Tekstil Kawasan Industri Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat, 4 Januari 2019.*/ANTARA

SELAIN baju koko, sarung menjadi produk fashion muslim yang paling banyak dicari pria saat Ramadan.

Analisis yang dilakukan Tokopedia dan iPrice menujukkan sejumlah tren belanja produk fashion muslim saat Ramadan. Berikut ini rinciannya

Masyarakat di Jawa, khususnya Jawa Barat dan Jakarta, lebih doyan beli sarung dibanding masyarakat di pulau lain selama Ramadan. Sebanyak 29% pembeli sarung berasal dari Jabar dan 28% dari area Jakarta.

Ada 4 merek sarung yang jadi favorit pembeli di Tokopedia. Namun, di antara 4 sarung itu, sarung merek Wadimor (57,6%) paling laris dibeli saat ramadan, diikuti sarung merek Gajah Duduk (21,7%), Atlas (20,4%), dan Gajah Unggul (0,3%).

Sebanyak 87,3% sarung yang dibeli berwarna hitam. Warna lain yang jadi favorit pengguna sarung yaitu merah (7,31%), hijau (3,48%), cokelat (1,28%), dan kuning (0,41%).

Sementara untuk urusan penutup kepala, terdapat sejumlah pergeseran tren belanja meski tak terlalu radikal. Berikut ini 3 temuan menariknya.

Tidak banyak produk penutup kepala yang ditawarkan untuk pria. Namun, jika membandingkan antara produk peci dan sorban, peci adalah pilihan mayoritas pria dengan angka 86%. Sebanyak 14% pria juga membeli sorban untuk melengkapi penampilan selama bulan Ramadan.

Jika pria hanya tertarik pada dua jenis produk penutup kepala, tidak begitu dengan wanita. Ada empat produk penutup kepala yang jamak dibeli wanita yakni hijab instan, hijab segi empat, khimar, hingga pashmina.

Wanita lebih banyak membeli hijab instan (42%) ketimbang hijab segi empat (28,3%), khimar (21,4%), maupun pashmina (8,3%).


Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

X