Sabtu, 18 Januari 2020

Lima Langkah untuk Mencegah Gampang Lupa

- 10 April 2019, 11:56 WIB
ILUSTRASI mencegah gampang lupa.*/PIXABAY

SEBAGIAN besar dari kita berharap punya ingatan yang lebih baik. Seringkali kita pergi ke toko, seharusnya membeli tiga hal, tetapi hanya ingat dua. Kadang kita naik ke lantai dua, kemudian lupa kenapa kita pergi ke sana.

Andai saja informasi bisa diterima dengan mudah, dan tidak menghilang dengan cepat dari pikiran kita, pasti tidak masalah yang dihadapi.

Ada banyak teknik mengingat yang telah dicoba dan dipercaya, beberapa di antaranya telah ada selama beberapa dekade - seperti penggunaan jembatan keledai dan tempat memori. Beriku ada lima cara agar tidak gampang lupa, seperti disarikan dari BBC.

1) Berjalan mundur

Kita mungkin menganggap waktu dan ruang adalah hal yang sangat berbeda, tetapi bahkan dalam cara kita berbicara, ada lebih banyak persilangan dari yang kita sadari.

Kita melihat "ke belakang". Kita "menantikan" akhir pekan. Cara kita melakukannya bervariasi sesuai budaya, tetapi di dunia Barat, masa depan terbentang di ruang di depan kita sementara masa lalu terbentang di belakang kita.

Para peneliti di Universitas Roehampton memutuskan untuk mengeksploitasi hubungan antara waktu dan ruang di dalam pikiran kita untuk mencari cara agar kita dapat mengingat peristiwa dengan lebih baik.

Mereka menunjukkan daftar kata-kata, satu set gambar atau video (buatan) tentang perempuan yang tas tangannya dicuri. Orang-orang ini kemudian diminta berjalan maju atau mundur sejauh 10 m melintasi ruangan, tepat waktu dengan metronom yang berdetak. Ketika mereka kemudian diuji ingatannya tentang video, kata-kata dan gambar, pada setiap tes, pejalan kaki mundur bisa mengingat lebih baik.

Berjalan mundur di ruangan seolah-olah mendorong pikiran mereka untuk kembali ke masa lalu. Hasilnya, mereka dapat mengakses ingatan mereka dengan lebih mudah.

Halaman:

Editor: anef

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X