Sabtu, 18 Januari 2020

Konser Musikal Cinta Tak Pernah Sederhana, Ketika Puisi Cinta Tampil Beda

- 16 Maret 2019, 12:38 WIB
MARSHA Timothy dn Reza Rahadian tampil dalam konser musikal Cinta Tak Pernah Sederhana di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Jakarta.*/WINDY EKA PRAMUDYA/PR

AKU ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu‎
Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
Dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan kepada hujan yang menjadikannya tiada

Kutipan puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono itu diucapkan Adam dan Hawa saat mereka hendak berpisah.

Dalam bentuk drama musikal, puisi cinta itu dilantunkan Reza Rahadian yang berperan sebagai Adam dan Marsha Timothy sebagai Hawa.

Selain Reza Rahadian dan Marsha Timothy, pertunjukan ini juga menampilkan Teuku Rifnu Wikana (penyair), Atiqah Hasiholan (perempuan malam), Chelsea Islan (perempuan malaikat), dan Sita Nursanti (perempuan pemuja rahasia).

Puisi Aku Ingin menjadi bagian pertunjukan konser musikal Cinta Tak Pernah Sederhana yang digagas PT Balai Pustaka (Persero) dan Titimangsa Foundation.

Berlangsung di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Jakarta, Cinta Tak Pernah Sederhana yang disutradarai dan ditulis Agus Noor dipentaskan reguler Sabtu dan Minggu, 16-17 Maret 2019.

Konser musikal Cinta Tak Pernah Sederhana merangkum puisi-puisi cinta karya 26 penyair Indonesia. Selain Sapardi Djoko Damono, penyair lain yang puisinya dipakai antara lain WS Rendra, Subagio Sastrowardoyo, Chairil Anwar, Taufik Ismail, Emha Ainun Nadjib, Joko Pinurbo, Aan Mansyur, Acep Zamzam Noor, Ahda Imran, Nenden Lilis, dan Putu Wijaya.

Proses kreatif yang membiarkan penonton menebak

Sebagai penulis cerita, Agus Noor mengambil penggalan-penggalan puisi yang menjadi dialog dan lirik. Dengan sengaja, Agus Noor tidak memberi keterangan puisi siapa dan judul apa yang dipakai. Dia membiarkan penonton menebak-nebak puisi yang digunakan selama dua jam pertunjukan.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X