Rabu, 22 Januari 2020

Captain Marvel, Dilan 1991, dan Bioskop Kita Era 1990-an

- 6 Maret 2019, 16:33 WIB
CAPTAIN Marvel/MARVEL STUDIOS

Captain Marvel yang tayang Rabu 6 Maret 2019 melengkapi nuansa 1990-an di bioskop kita hari ini. Sebelumnya, atmosfer 1990-an sudah dibawa Dilan 1991.

Dalam sejumlah materi promonya yang bertebaran di jagat maya, kita sudah ketahui bahwa latar waktu dalam film Captain Marvel adalah pertengahan tahun 1990-an. Artinya, seluruh peristiwanya terjadi sebelum momen-monem dalam Iron Man, The Avengers, Thor, dan sejumlah film Marvel Cinematic Universe (MCU) lainnya.

Lantas di mana posisi film Captain Marvel di MCU? Jawaban sederhananya, film Captain Marvel akan memberi alasan kuat kenapa sang superhero baru sekarang tiba di bumi dan bersatu dengan anggota The Avengers yang tersisa guna melawan Thanos.

Captain Marvel tayang sebulan sebelum Avengers: Endgame agar penonton—terutama yang kurang paham dengan MCU—tak dibuat bingung dengan kekuatan super yang dimiliki Carol Danvers (Brie Larson).

Dengan kata lain, tak akan ada durasi Avengers: Endgame yang terbuang hanya untuk menjelaskan dari mana kekuatan super Carol Danvers berasal.

Dari peristiwa dalam film Captain Marvel sampai hilangnya setengah makhluk hidup di alam semesta karena jentikkan jari Thanos, Carol Danvers berada di luar arus utama cerita MCU selama sekira 24 tahun.

Panggilan pager Nick Fury dalam post-credit scene Avenger: Invinity War mengindikasikan Captain Marvel sedang tidak berada di bumi kala itu.

Film Captain Marvel memaparkan bahwa alasan dia meninggalkan bumi menunjukkan sisi kepahlawanannya. Ada nilai-nilai kepedulian, cinta kasih, dan ketulusan yang membuat dia pergi menjelajah alam semesta hingga entah ke mana selama 24 tahun.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X