Senin, 24 Februari 2020

Tips Menghindarkan Kulit Wajah dari Jerawat dan Flek Saat Pancaroba

- 18 November 2018, 02:17 WIB

CUACA Kota Bandung memasuki peralihan musim dari kemarau ke hujan atau pancaroba saat ini. Kulit pun terutama wajah sering mengalami perubahan kondisi.

Jerawat berlebih biasa diresahkan saat pancaroba. Untuk kulit kering, seringkali muncul flek di wajah.

Soalnya kadang panas matahari begitu menyengat saat siang hari. Sementara kapan pun bisa tiba-tiba hujan deras dengan suhu amat dingin.

Berikut ini kiat menjaga kelembapan kulit wajah saat pancaroba dari dokter konsultasi Click House Bandung, Rina Uli Sagala.

1. Penggunaan sunblock

Saat cuaca panas, wajah harus terlindungi krim tabir surya atau sunblock. Dengan sun protector factor (SPF) 30-50.

“Untuk yang pakai SPF 30, habis cuci muka harus dipakai lagi. Misalnya seharian bekerja, ada istirahat salat, setelah wudu harus pakai lagi sunblock-nya,” ujar Rina saat ditemui di Click House, Jalan Terusan Prof Dr Sutami Kota Bandung, Jumat 16 November 2018.

2. Sabun untuk kulit berminyak

Rina mengatakan, saat membasuh muka pun harusnya pakai sabun, sebelum penggunaan sunblock kembali. Terutama untuk wajah dengan kulit berminyak.

3. Hindari krim yang melembapkan

Saat cuaca amat panas, kata Rina, hindari pemakaian krim yang sangat melembapkan atau memberi efek glowing. “Krim yang sangat mengilaukan bisa lebih menyerap debu dan khawatirnya menyumbat di pori-pori. Malah jadi jerawat,” katanya.

Begitu juga dengan penggunaan sunblock. Ia sangat tidak merekomendasikan kulit berminyak dan kombinasi dengan penggunaan sunblock ber-SPF 50 apalagi lebih tinggi. “Makin tinggi SPF sunblock-nya, akan membuat wajah lebih berminyak,” ujar dia.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi A

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X