Serba Sembilan Android Pie, Apa Fitur Unggulannya?

- 8 Agustus 2018, 09:28 WIB

GOOGLE secara resmi memperkenalkan versi Android terbaru yaitu Android 9.0 Pie pada 6 Agustus 2018. Android Pie pertama kali bias dipakai para pengguna smartphone Pixel.

Vendor yang mengikuti versi beta datang dari Sony, Xiaomi, HMD, OPPO, Vivo, OnePlus, dan Essential. Google mengatakan bahwa perangkat Android One yang lulus pengujian akan mendapatkan sistem operasi yang satu ini. Jadi kemungkinan Android One generasi pertama tidak akan mendapatkan update ini.

Android Pie sendiri akan menyesuaikan diri dengan para penggunanya. Seperti sengaja, rilis resmi Google menyebut ada sembilan keunggulan di seri sistem operasi mereka yang ke-sembilan.

Berikut fitur baru yang ada di Android Pie ini?

1. Adaptive battery

Android Pie nantinya akan belajar aplikasi apa saja yang sering digunakan dan menentukan prioritas baterainya. Jadi, aplikasi yang jarang digunakan akan mendapatkan prioritas terakhir. Tujuannya penggunaan baterai menjadikan pengunaan baterai lebih efisien.

2. Background restrictions

Pengguna akan melihat rekomendasi di Setting untuk membatasi aplikasi tertentu yang menggunakan terlalu banyak daya baterai. Sehingga pengguna dapat memiliki lebih banyak kendali atas baterai

3. App actions

Fitur ini akan memprediksi apa yang ingin dilakukan selanjutnya berdasarkan konteks yang Anda biasa lakukan. Pie menampilkannya secara langsung di layar, untuk menghemat waktu.

4. Slice

Mengeluarkan informasi yang relevan mengenai aplikasi yang sering digunakan. Misalnya ingin menggunakan aplikasi menginap, akan muncul informasi diskon. Atau ketika mengetik sebuah tempat liburan dan akan muncul foto-foto liburan dari aplikasi Google Photos.

5. Gesture navigation

Di tampilan Pie, logo back, recent app, dan home akan hilang. Semua itu diganti dengan sebuah garis dibagian bawah yang bisa di-tap, geser ke atas, dan ke kanan untuk home, mengeluarkan app drawer, dan recent app.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X