Sabtu, 30 Mei 2020

5 Aplikasi Pilihan untuk Lindungi Perangkat Android dari Virus dan Malware

- 9 April 2018, 04:52 WIB

APLIKASI Android antivirus tetap menjadi salah satu jenis aplikasi paling populer di Android. Umumnya, Anda tidak perlu aplikasi antivirus jika bermain aman, hanya mengunduh aplikasi dari Play Store dan tetap mengaktifkan setelan keamanan. Namun, ada yang suka mengunduh aplikasi di luar Play Store, padahal ada banyak aplikasi yang benar-benar berbahaya di luar sana. Untuk berjaga-jaga dari kemungkinan serangan malware, ada baiknya memasang beberapa aplikasi antivirus pilihan Gawai berikut ini.

1. Google Play Protect 

Google Play Protect adalah aplikasi antivirus Android. Ini memindai aplikasi di perangkat Anda kemudian membandingkannya dengan versi Google Play dari aplikasi itu. Ini memungkinkan Anda mengetahui jika keduanya tidak sama. Ini dikombinasikan dengan perlindungan yang ada di Google Play, menciptakan penghalang keamanan yang sangat baik. Aplikasi ini gratis, bahkan mungkin sudah ada di perangkat Anda sehingga tidak perlu melakukan apa pun untuk menggunakannya. Kami merekomendasikan yang ini dulu.

2. Avira

Avira adalah salah satu aplikasi antivirus baru yang secara komparatif bisa diandalkan. Aplikasi ini tumbuh cukup cepat selama setahun terakhir. Avira dilengkapi dengan pemindaian perangkat, perlindungan real-time, pemindaian kartu SD eksternal, dan banyak lagi. Beberapa fitur lain termasuk dukungan anti-pencurian, pemindaian privasi, daftar hitam, dan bahkan fitur admin perangkat. Ini jauh lebih ringan daripada aplikasi seperti Norton dan lainnya. Ini juga relatif murah dan ada versi gratisnya. Kami juga sangat merekomendasikan alat Stagefright Advisor.

3. Avast

Avast Mobile Security adalah salah satu aplikasi antivirus paling populer. Ini menawarkan lebih dari 100 juta unduhan dan banyak fitur. Beberapa fitur termasuk pemindaian antivirus klasik, applock, blokir panggilan, dukungan anti-pencurian, kubah foto, dan bahkan firewall untuk perangkat Android yang di-rooting. Terdapat pula fitur penguat, tetapi kami tidak menyarankan itu. Harga berlangganan mereka tidak buruk secara komparatif. Aplikasi ini dilengkapi dengan uji coba gratis 14 hari untuk mendemonstrasikan produk.

4. AVG 

AVG adalah nama besar lainnya di ruang aplikasi antivirus. Sebenarnya, ini pada dasarnya sama dengan Avast karena telah membeli AVG pada tahun 2016. Dengan demikian, pengalaman serupa di kedua aplikasi antivirus. Yang satu ini menawarkan beberapa perbedaan. Aplikasi ini memiliki pelacakan anti-pencurian melalui Google Maps, tetapi juga tidak memiliki ketersediaan firewall yang sudah di-root. Seperti Avast, ada fitur baterai, memori, dan fitur penguat performa HP yang sebenarnya tidak berfungsi.

5. AndroHelm

AndroHelm tidak sepopuler beberapa aplikasi antivirus lainnya. Namun, sama secara fungsional. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur antivirus dan anti-malware, termasuk aplikasi pemindaian saat dipasang, pembaruan, mode karantina, perlindungan virus, dan banyak lagi. Ini juga memiliki fitur untuk antipencurian, seperti pelacakan, penghapusan jarak jauh, dan banyak lagi. Ada juga fitur-fitur boost, tetapi kami tidak merekomendasikannya karena biasanya hanya mengacaukan segalanya dan tidak benar-benar membantu.***

Editor: Asep Budiman


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X