Selasa, 10 Desember 2019

Makanan yang Tepat Dikonsumsi Sesuai Usia

- 3 April 2018, 03:08 WIB

MASIH ingat dengan kebiasaan Anda sewaktu anak-anak hingga remaja yang bisa melahap dua bungkus mie dua instan, atau semangkuk besar sereal? Meski begitu, badan Anda masih tetap ideal.

Kebiasaan tersebut berubah ketika Anda berusia dewasa. Di usia ini Anda biasanya lebih berhati-hati dalam memilih makanan.

Seperti dilansir Huffingtonpost, usia ternyata memang mempengaruhi kebiasaan makan, dan metabolisme tubuh. Lalu, makanan apa saja cocok untuk dikonsumsi sesuai usia Anda?
 

1. Anak dan Remaja

Untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak dan remaja secara optimal, maka penting untuk memperhatikan asupan harian. Seperti buah, sayuran, biji-bijian, protein dan kalsium.

Anak dan remaja paling tidak membutuhkan 2 ½ porsi buah; 2 - 5 porsi sayuran; 4-7 porsi gandum;  1-2 ½  porsi protein; dan 1-3 ½  porsi susu (sesuai usia).

Seperti yang dikutip dari The Huffington Post Australia, menurut Spendlove, kalsium adalah asupan yang paling dibutuhkan pada usia anak-anak dan remaja, baik perempuan maupun laki-laki. Karena pada usia ini, masa tulang mereka sedang tumbuh sebelum kemudian menurun secara perlahan.

Untuk wanita, ketika mereka mulai menstruasi, asupan yang paling dibutuhkan adalah zat besi. Kebutuhan mereka meningkat dari 9mg menjadi 18 mg perhari, sehingga fokus pada pemenuhan asupan zat penting adalah penting.


 


Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

X