11 Manfaat Teh Hitam yang Tak Banyak Diketahui Orang

- 28 Maret 2018, 03:07 WIB

SELAIN teh hijau (green tea), teh hitam merupakan salah satu jenis olahan daun teh yang tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Sayang meski sudah lebih dulu dikonsumsi, popularitas teh hitam di Indonesia masih kalah dengan teh hijau yang seolah sudah menjadi tren gaya hidup masa kini.

Teh hijau dan teh hitam terbuat dari daun tanaman teh yang merupakan semak belukar dengan nama latin Camellia Sinesis. Namun metode pengolahan yang berbeda membuat keduanya memiliki penampakan yang berbeda, terutama dari segi warna.

Selain daun yang layu, digulung dan dipanaskan, daun teh hitam difermentasi sebelum proses pemanasan akhir. Dilansir dari lifehack.org - Di bawah ini adalah 11 manfaat kesehatan meminum secangkir atau dua teh hitam secara teratur, meskipun perlu dicatat bahwa dianjurkan bahwa teh hitam harus dikonsumsi tanpa bahan tambahan seperti susu atau gula untuk benar-benar merasakan manfaatnya.

1. Kesehatan Mulut

Studi yang didanai oleh Tea Trade Health Research Association menunjukkan bahwa teh hitam mengurangi pembentukan plak serta membatasi pertumbuhan bakteri yang mendorong pembentukan gigi berlubang dan gigi rusak. Polifenol yang ditemukan dalam teh hitam membunuh dan melewati bakteri penyebab rongga serta menghambat pertumbuhan enzim bakteri yang membentuk bahan lekat yang mengikat plak ke gigi kita.

loading...

2. Jantung yang Lebih Baik

Seperti yang diidentifikasi oleh Arab L. et al. dalam makalah penelitian 2009 mereka yang disebut "konsumsi teh hijau dan hitam dan risiko stroke: meta-analisis", terlihat bahwa bagaimanapun dari negara asal orang, individu yang mengkonsumsi 3 atau lebih cangkir teh memiliki risiko 21% lebih rendah dari stroke daripada orang yang mengonsumsi kurang dari 1 cangkir teh hijau atau hitam per hari.

3. Antioksidan

Teh hitam mengandung polifenol, yang juga merupakan antioksidan yang membantu memblokir kerusakan DNA yang terkait dengan tembakau atau bahan kimia beracun lainnya. Antioksidan ini berbeda dari yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran dan oleh karena itu sebagai bagian rutin dari diet kita, mereka dapat memberikan manfaat tambahan terhadap gaya hidup yang sehat.

4. Pencegahan Kanker

Meskipun lebih banyak penelitian diperlukan untuk secara yakin menyarankan teknik pencegahan kanker, beberapa penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa antioksidan seperti polifenol dan katekin dalam teh dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Telah disarankan bahwa wanita yang minum teh hitam secara teratur memiliki peluang lebih rendah terkena kanker ovarium daripada teman mereka.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X