Kamis, 28 Mei 2020

Sajian Menggoda Selera untuk Vegetarian

- 8 Februari 2018, 03:08 WIB

KETIKA mendengar olahan masakan dengan unsur nabati, kita pasti teringat dengan pola makan atau gaya hidup vegetarian atau bahkan vegan. Pola ma­kan yang hambar dan olahan masakan yang membo­sankan? Oh, tentu tidak!
Vegetarian memang hanya mengonsumsi sayuran, biji-bijian, dan apa pun yang berasal dari tanaman. Namun, vegetarian ter­ka­dang masih menyertakan turunan dari unsur hewani seperti telur dan keju meskipun jumlahnya sangatlah kecil.

Berbeda dengan vegan. Mereka yang memiliki pola makan dan gaya hidup vegan tidak mengonsumsi apa pun yang diproses dengan bahan dasar hewani. Tidak ada telur, keju, ataupun susu dalam setiap pengolahan makanannya.

Meski begitu, jangan dibayangkan sajian makanannya hanya na­si dengan sayur tumisan lagi atau lalapan sepanjang hari. Ada ba­nyak aneka makanan untuk vegetarian atau vegan yang nikmat disantap dengan teknik pengolahan beragam.

Ya, kalau daging ayam bisa digoreng atau digeprek, tahu-tempe pun bisa. Kalau daging sapi bisa menjadi sate, jamur pun nikmat di­bakar layaknya sate. Kalau daging sapi bisa diolah menjadi rendang, burger, gule, kari, barbeku, dan banyak lagi, semua itu juga bisa dilakukan untuk aneka makanan yang bahan dasarnya dari tanaman.

Seperti yang disajikan di tiga tempat Kota Bandung yang dikunjungi tim FOOD@HOLIC. Ada Vegetarian House yang memiliki ge­rai online dengan akun Instagram @vegehousebandung, Fortunate Coffee di Jalan Kebonsirih Nomor 21A, dan Greens and Beans di Jalan Bahureksa Nomor 9 Kota Bandung.

Vegetarian House yang didirikan oleh Fanny Lo dan Jenni Lu, me­nyajikan olahan makanan vegetarian yang kebanyakan ala ru­mahan. Ada pilihan makanan nusantara seperti gule, soto, geprek, dan sate padang. Ada pilihan masakan Cina seperti capcay, pu­yung­hai, dan mi jamur serta pilihan menu Barat atau Korea seperti kimbap.

Menurut Jenni, mereka pun bisa menyediakan permintaan untuk vegan. Yang unik, dia mengolah masakan dari proses awal ketika ada pesanan. Jadi, sayuran dan jamur yang akan digunakan, ba­ru dibersihkan dan dipotong ketika ada yang memesan supaya tetap segar.

”Selain segar, yang paling penting rasa. Karena saya juga suka ma­kan enak. Bila vegetarian disebut enggak mempertimbangkan rasa, itu tidak benar. Kalau bisa diolah jadi enak, kenapa enggak? Semua olahan masakan yang biasanya menggunakan daging, semua bisa kok dijadikan menu vegetarian,” tutur Jenni.

Halaman:

Editor: Vebertina Manihuruk


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

PRFM News

PSBB Jabar Diperpanjang

28 Mei 2020, 19:39 WIB
X