Senin, 30 Maret 2020

#KlipingPR Usaha Video Game Pernah Dilarang

- 18 Desember 2017, 05:05 WIB

18 Desember 1981. Di awal tahun 80-an, permainan video game begitu meresahkan masyarakat Indonesia. Terutama di Jakarta, dimana usaha-usaha video game menjamur di berbagai tempat.

Keresahan tersebut bahkan ditanggapi serius oleh pemerintah. Seperti diberitakan 'PR' edisi 18 Desember 1981, Wapangab/Pangkopkamtib Laksamana TNI Sudomo kala itu bahkan mengirim surat kepada Mendagri Amir Machmud agar segera menginstruksikan para Gubernur di seluruh Indonesia untuk mencabut usaha video game baik berupa TV game, maupun computer game.

Selain itu juga diminta agar menginstruksikan tidak lagi mengeluarkan izin baru usaha permainan alat elektronik tersebut pada tempat-tempat umum.

Sudomo menyatakan, kegelisahan akan video game adalah permasalahan serius yang dapat berdampak negatif pada masyarakat. Dia menuturkan, dikeluarkannya izin membuka usaha semacam itu di tempat umum dengan dipungut bayaran khusus, dinilai dapat menjurus kepada perjudian.

Yang paling mengkhawatirkan adalah dampak negatifnya terhadap anak-anak sekolah. Mereka menjadi malas belajar dan bersekolah.

loading...

Larangan usaha video game bahkan telah dibawa dalam sidang kabinet terbatas, pada 2 Desember 1981. Dalam sidang tersebut, Presiden Soeharto kala itu menginstruksikan Pangkopkamtib agar segera menyelesaikan keresahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Instruksi tersebut langsung ditindaklanjuti Gubernur Jakarta Tjokropranolo. Ia langsung memerintahkan penutupan dan pelarangan pengusaha, penjualan, dan pengoperasian alat-alat permainan video game elektronik di tempat-tempat umum di wilayah Jakarta.

Masyarakat yang sudah kadung memiliki peralatan video game tersebut, dilarang meminjamkan atau mengoperasikannya kepada orang lain baik di dalam maupun di luar rumah.

Kegelisahan tersebut berlanjut di tahun berikutnya yakni 1982, dimana permainan Space Raiders dan Space Invaders tengah memabukkan warga di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Diberitakan PR, edisi 4 Mei 1982, di Indonesia kedua video game tersebut diusir dari tempat-tempat umum. Star Raiders dan Space Invaders hanya diperbolehkan dimainkan di rumah, dan tidak diizinkan dimainkan di tempat-tempat umum seperti tempat penyewaan video games. Pada Desember 1981, pemerintah Indonesia melarang permainan video games ada di gedung-gedung hiburan masyarakat.

Halaman:

Editor: Siska Nirmala Puspitasari

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X