7 Makanan Terbaik untuk Mata

- 7 November 2017, 06:40 WIB

SESEORANG hanya memiliki sepasang mata yang telah diberikan oleh Tuhan. Maka penting merawat kesehatan mata.

Penelitian baru menunjukkan apa yang dimakan seseorang dapat mempengaruhi penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. Tambahkan makanan yang baik untuk mata pada menu Anda untuk meningkatkan kesehatan mata.

Makanan yang kaya dengan antioksidan juga dikenal membantu melindungi dari degenerasi makula terkait usia (ARMD) yang merupakan penyebab utama kebutaan di kalangan orang tua Amerika, serta katarak, dan kondisi mata lainnya. Dalam Age-Related Eye Disease Study (AREDS), subjek yang melengkapi diet dengan vitamin C, antioksidan, seng, beta karoten dan vitamin E mengalami penurunan 25% risiko pengembangan ARMD serius.

Inilah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata:

Tomat

Tomat dikemas dengan karotenoid yang termasuk lycopene yang dapat membantu memberi warna merah pada tomat. Penelitian menunjukkan, lycopene hadir dalam jaringan okular membantu mencegah kerusakan akibat sinar ringan pada retina dan area mata lainnya.

loading...

Tomat merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, pelindung bagi penglihatan. Produk tomat olahan atau tomat segar yang dimakan dengan sedikit minyak zaitun akan membantu meningkatkan penyerapan lycopene. Para peneliti mengatakan, mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan lebih baik daripada suplemen.

Bayam, kale, serta daun hijau lainnya

Bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan dua antioksidan yang tersimpan dalam makula-lutein dan zeaxanthin. Makula adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai tabir surya alami yang bisa melindungi mata dari cahaya yang dapat merusak mata. Lutein dan zeaxanthin dapat menyerap sinar biru yang sangat berbahaya bagi retina.

Nutrisi ini juga bisa membantu mata mendeteksi kontras lebih baik, sehingga mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan tidak hanya meningkatkan penglihatan tapi juga membantu menjaganya hingga jangka panjang. Karena lutein dan zeaxanthin bisa larut dalam lemak, makanan sayuran hijau dengan minyak zaitun akan membantu memastikan dapat menyerap lebih banyak.

Telur

Seperti halnya bayam dan sayuran hijau lainnya, kuning telur juga merupakan sumber dari lutein dan zeaxanthin yang baik. dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa kadar lutein meningkat sebesar 26%, sementara itu kadara zaexanthin meningkat sebesar 38% ketika seseorang makan satu telur tiap hari.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X