7 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental

- 23 Oktober 2017, 05:30 WIB

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik seseorang. Tetapi selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga memiliki manfaat lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian juga menemukan bahwa seseorang yang sering melakukan olahraga dapat berpengaruh positif pada kesehatan mentalnya. Inilah 7 manfaat olahraga bagi mental yang dilansir dari Healthline:
 

1. Meningkatkan mood

Bagi seseorang yang gemar olahraga, seperti berolahraga di gym, atau berjalan cepat, aktivitas fisik tersebut bisa memicu zat kimia otak yang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan lebih rileks. Olahraga tim, juga memberikan kesempatan untuk melepas lelah dan meningkatkan kebugaran tubuh.
 

2. Meningkatkan konsentrasi

Aktivitas fisik yang teratur bisa membantu menjaga kesehatan mental, merupakan kunci agar konsentrasi seseorang tetap tajam seiring bertambahnya usia. Konsentrasi tersebut termasuk berpikir secara kritis, belajar dan menggunakan penilaian yang baik.

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan campuran aktivitas aerobik dan penguatan otot sangat membantu konsentrasi. Lakukan aktivitas tersebut dalam tiga sampai lima kali dalam seminggu, setidaknya 30 menit dan rasakan manfaatnya pada kesehatan mental Anda.
 

3. Mengurangi stres dan depresi

Bila secara fisik aktif, pikiran seseorang bisa terganggu oleh stres harian. Olahraga bisa membantu terhindar dari pikiran negatif.

Dengan berolahraga, kadar hormon tes seseorang berkurang setelah melakukan kegiatan fisik. Selain itu pada saat bersamaan, bisa merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah penguat mood alami yang dapat menjaga stres dan depresi.

Endorfin juga bisa membuat seseorang merasa lebih rileks dan optimis setelah berolahraga keras.
 

4. Memperbaiki kebiasan tidur

Olahraga dan bentuk olahraga fisik lainnya dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Olahraga ini dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan memperdalam tidur.

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X