Selain G 30 S PKI, 7 Film Ini Juga Berlatar Ideologi Komunis

- 1 Oktober 2017, 02:23 WIB

TANGGAL 1 Oktober diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hal ini tidak terlepas dari peristiwa pemberontakan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 30 September tahun 1965 atau G30S.

PKI yang sudah ditetapkan sebagai partai terlarang sejak masa orde baru, dianggap sebagai sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Tiap kali ada hal yang berhubungan dengan PKI ataupun pimpinannya DN Aidit, menjadi hal yang sensitif untuk diperbincangkan.

Namun rupanya tidak selamanya PKI harus dianggap sebagai sejarah kelam. Karena sudah banyak literatur yang membahas tentang PKI, baik itu buku, koran bahkan sudah dibuatkan film yang bisa dijadikan pembelajaran untuk generasi bangsa.

Mengenai film tentang PKI di Indonesia, ada satu film garapan penulis sekaligus sutradara Arifin C Noer yang pada 29 September 2017 malam ditayangkan di TV One. Film  G 30 S PKI ini merupakan fiksi yang bersendikan sejarah. Banyak pro dan kontra tentang adanya film ini, salah satunya adalah penokohan D N Aidit yang digambarkan sebagai perokok berat padahal kenyataannya tidak.

Ada beberapa film lain yang dilatarbelakangi ideologi komunis, berikut ulasannya:

loading...

1. Taegukgi : The Brotherhood of War (Korea Selatan, 2004)

Film fiksi yang berkisah tentang dua saudara Jin Tae (diperankan Jang Dong-gun) dan Jin Seok (diperankan Won Bin). Keduanya harus saling berlawanan dalam perang korea tahun 1950-an.

Penyebeb perang ini dilatarbelakangi perbedaan ideologi. Korea Utara yang didukung oleh Uni Soviet dan Tiongkok yang berideologi komunis, sementara Korea Selatan didukung oleh Amerika Serikat yang berideologi demokrasi liberal.

2. Persepolis (Prancis, 2007)

Film ini merupakan film biografi animasi Prancis-Iran yang berdasarkan pada novel grafis autobiografi karya Marjane Satrapi. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis yang beranjak dewasa menghadapi pecahnya revolusi Iran.

Halaman:

Editor: Administrator


Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X