Senin, 20 Januari 2020

Apa Jadinya Jika Ratusan "Superman" Berkumpul?

- 17 September 2017, 09:55 WIB

DALAM kisah yang kita kenal, Superman adalah sosok pahlawan super yang berasal dari Planet Krypton. Saat bayi, ia ditemukan dan dibesarkan oleh pasangan Martha dan Jonathan Kent di area pertanian Smallville, Kansas. Ketika dewasa, ia pindah dan menjadi wartawan di koran Kota Metropolis, Daily Planet. Tapi, apa yang terjadi jika ratusan ”Superman” tiba-tiba berada di Bandung?

Akhir pekan lalu, pemandangan itu benar terjadi. Mereka adalah anggota Superman Fans of Indonesia (SFoI). Sejak Sabtu hingga Minggu, 9-10 September 2017, mereka mengadakan pertemuan nasional ke-2 di Bandung. Anggotanya datang dari berbagai regional di tanah air. Misalnya dari Manado, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Jakarta.

Minggu pagi, mereka berada di kawasan Jalan Asia Afrika. Semua mengenakan kostum ala Superman. Laki-laki, perempuan, hingga anak-anak. Ada pula yang sekilas terlihat mirip dengan tokoh rekaan DC Comics itu. Berambut klimis, berotot, dan tentu saja mengenakan jubah biru dan merah. Untung saja, tak ada yang mengenakan celana dalam merah di bagian luar, seperti tokoh Superman yang selama ini kita kenal dari komik dan film.

Selain berfoto dan menjalankan agenda gathering nasional, anggota yang berasal dari luar kota juga berkeliling Kota Bandung menggunakan Bandros. Tentu saja, pemandangan ini cukup menarik perhatian karena sang manusia baja itu selalu digambarkan berkeliling kota sambil terbang.

Ketua SFoI Region Bandung selaku tuan rumah kali ini, Buddy Indrasakti mengatakan bahwa tahun ini, jumlah anggota yang hadir sebanyak 135 orang. Sebelumnya, gathering nasional berlangsung di Yogyakarta.

SFoI berdiri pada 27 Agustus 2010. Cikal bakal dari komunitas ini adalah Komunitas Superman Indonesia yang berdiri pada 2004 dan vakum pada 2006.

Sebagian anggota kemudian berkumpul dan sepakat mendirikan SFoI. Ada pun semangat awal didirikan komunitas ini bertujuan untuk sekadar menjadi tempat berkumpul, dan memperbincangkan perkembangan mengenai superhero berkostum merah-biru itu. Syarat mutlak untuk menjadi anggota hanya satu, mengagumi karakter Superman.

”Siapa pun bisa menjadi anggota, selama ngefans sama tokoh Superman,” ucap Buddy, ketika ditemui di kawasan Asia Afrika.

Halaman:

Editor: Endah Asih Lestari

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X