Jumat, 24 Januari 2020

10 Penyakit Mematikan di Dunia

- 6 Agustus 2017, 08:44 WIB
Ilustrasi Diabetes Melitus.

10 Penyakit Mematikan Teratas di Dunia yang mempengaruhi manusia di mana-mana. Informasi yang disajikan di sini telah dikumpulkan melalui data yang dilaporkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

1. Penyakit Arteri Koroner (CAD)

CAD adalah kondisi dimana pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menjadi menyempit. Hal ini biasanya disebabkan oleh pola makan dan merokok yang tidak sehat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa CAD telah mengklaim sekitar 7,4 juta orang pada tahun 2012. Itu berkontribusi sekitar 12,8 persen dari semua kematian di seluruh dunia.

2. Stroke

Stroke terjadi saat arteri yang memasok darah ke otak tersumbat atau bocor. Sel yang kekurangan oksigen mati dalam beberapa menit setelah penyumbatan. Menurut WHO, diperkirakan 6,7 juta jiwa hilang akibat stroke pada tahun 2012. Ini berkontribusi sekitar 10,8 persen dari semua kematian.

3. Infeksi Pernapasan Bawah (LRI)

LRI meliputi influenza, bronkitis, dan pneumonia. Musim flu sebagian besar terjadi di paruh dingin tahun ini untuk setiap belahan bumi. WHO memperkirakan bahwa LRI menyumbang sekitar 6,1 persen dari semua kematian.

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit ini menyerang paru-paru, sehingga lebih sulit bagi pasien untuk bernafas. Penyebab utama penyakit ini adalah penggunaan tembakau, termasuk asap tangan kedua. WHO memperkirakan bahwa penyakit paru ini telah mengklaim 3,28 juta nyawa pada tahun 2012, yang menyumbang sekitar 5,8 persen dari seluruh kematian di seluruh dunia.

5. Diare

Diare ditandai dengan mengeluarkan kotoran lebih dari tiga kali sehari. Mengalami diare selama beberapa hari menghabiskan tubuh air dan garam. WHO memperkirakan bahwa penyakit diare telah menyebabkan 2,46 juta nyawa pada tahun 2012. Ini adalah penyebab utama kematian anak di bawah 5. Ini berkontribusi pada sekitar 4,3 persen dari semua kematian di seluruh dunia.

6. HIV-AIDS

AIDS disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang ditularkan melalui cairan tubuh. HIV memasuki tubuh dan membajak sel T yang kemudian membahayakan sistem kekebalan tubuh. Pada tahun 2012, sekitar 1,78 juta orang meninggal karena AIDS. Ini berkontribusi sekitar 3,1 persen dari semua kematian. Diperkirakan lebih dari 5000 orang menjadi terinfeksi setiap hari.

7. Kanker Pernapasan

Kelas penyakit ini meliputi kanker paru-paru, trakea, dan bronkial. Penyebab utama kanker ini adalah polusi oleh merokok, merokok bekas, dan karsinogen lainnya sebagai produk sampingan limbah. Diperkirakan 1,39 juta orang meninggal pada tahun 2012 dari kanker pernapasan yang menyumbang sekitar 2,4 persen dari semua kematian.

8. Tuberkulosis

Tuberkulosis (TBC) adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Kontraksi TB bersifat udara, tapi sulit didapat. Ini adalah salah satu penyebab utama kematian bagi orang-orang yang disertai HIV. Diperkirakan 1,34 juta orang telah jatuh ke TB pada tahun 2012, berkontribusi sekitar 2,4 persen dari semua kematian.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Jawa Barat Network

X