Kamis, 5 Desember 2019

Jangan Buang Serat Panjang yang Menempel di Pisang

- 24 Juni 2017, 13:20 WIB

SAAT mengupas kulit pisang, Anda pasti sering mendapati serat-serat kecil yang menempel pada buahnya. Sebagian orang beranggapan bahwa serat kecil yang menempel pada pisang itu mengganggu. 

Akhirnya, ketika ingin memakan pisang, serat kecil itu harus dibuang terlebih dahulu. Rumor memyatakan bahwa serat kecil pada pisang itu berbahaya bagi tubuh sehingga yang juga menganggap lebih baik membuangnya.
 
Serat kecil yang terdapat pada pisang itu disebut kebat floem atau jaringan ikat. Kebat floem atau yang dikenal sebagai jaringan ikat itu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh terutama untuk pencernaan. Jaringan kecil inilah yang mendistribusikan nutrisi saat pisang tumbuh. 

Nicholas D Gillit, pakar kimia fisika anorganik yang juga kepala peneliti nutrisi sekaligus direktur  di Dole Nutrition Institute menuturkan bahwa kebat floem yang terdapat pada pisang memiliki nilai nutrisi tersendiri. 

Ia menjelaskan bahwa jaringan itu mengandung lebih banyak dan beragam jenis serat dan komponen struktural yang dibutuhkan sesuai dengan fungsinya. 

”Meskipun kita belum secara khusus mengujinya, kemungkinan akan ada perbedaan pada nilai nutrisinya. Kebat floem cenderung mengandung lebih banyak dan beragam jenis serat dan komponen struktural yang dibutuhkan serta mengandung nutrisi yang berbeda untuk manusia,” kata Gillitt seperti dilaporkan Huffingtonpost.

Gillit juga menuturkan bahwa jaringan ikat yang terdapat pada pisang memiliki jumlah yang kecil daripada daging buah pisangnya, kecuali jika Anda memakan serat tersebut secara terpisah. 

Ia juga menyatakan bahwa serat kecil yang terdapat pada pisang itu tidak akan menimbulkan masalah bagi tubuh bila dikonsumsi. Justru menurutnya, serat itu baik bila dikonsumsi secara terpisah ataupun bersamaan dengan pisang.
 
”Sebagai bagian dari pisang, tentu saja jaringan ini aman untuk dikonsumsi. Namun untuk soal rasa, hal itu bergantung masing-masing orang. Secara umum, semua bagian buah-buahan itu sehat. Kita memakan kulit apel, pir, serta buah lainnya. Kita juga bisa mengkonsumsi kulit pisang termasuk jaringan ikat atau kebat floem tersebut,” ujarnya. 

Jadi, Jangan ragu lagi untuk memakannya meski memang rasany agak pahit. (Ayunindya Annistri)***



Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

X