Rabu, 3 Juni 2020

Tips Mencari Indekos Idaman untuk Mahasiswa Perantau

- 15 Juni 2017, 03:37 WIB

BERKULIAH di luar kota merupakan suatu tantangan untuk mahasiswa baru, apalagi bila ini merupakan kali pertamanya harus merantau di kota orang. Bila biasanya kita sudah begitu nyaman tinggal bersama orang tua, apa jadinya bila kita harus tinggal sendiri di lingkungan yang baru ? Banyak kecemasan-kecemasan yang membuat calon mahasiswa merasa terbebani diawal perkuliahan.

Untuk membuat semuanya menjadi lancar, persiapkan segala halnya dari jauh-jauh hari. Salah satu aspek terpenting selama perkuliahan untuk mahasiswa perantau adalah tempat tinggal. Indekos merupakan pilihan yang cocok untuk para mahasiswa. Selain harganya yang terjangkau, kamar indekos juga memiliki banyak pilihan fasilitas yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. 

Namun, untuk mahasiswa baru yang masih belum berpengalaman, rupanya harus memperhatikan beberapa tips sederhana dibawah ini agar bisa mendapatkan kamar indekos sesuai yang diinginkan.
 

1.    Sesuaikan dengan budget

Mencari indekos yang nyaman memang idaman semua mahasiswa baru. Namun, ada rupa ada harga tentunya. Bila memiliki budget terbatas, carilah tempat indekos dari jauh-jauh hari. Karena kamar indekos dengan harga ekonomis biasanya menjadi rebutan. Bila mempunya budget lebih, pilihlah kamar dengan fasilitas yang lengkap dan disesuaikan dengan kebutuhan. 

Harap perhatikan juga apakah biaya indekos tersebut sudah termasuk dengan biaya lainnya, misalnya listrik, internet, dan biaya kebersihan. 
 

2.    Lingkungan Sehat

Siapa sih yang tidak ingin tinggal di lingkungan besih dan sehat. Selain nyaman, lingkungan yang bersih sangat penting untuk menunjang kesehatan kita. Pilihlah kamar indekos dengan ventilasi udara yang lancar, tidak lembab, dan terjangkau sinar matahari. Perhatikan juga lokasi sekitar indekos, pastikan berada dilingkungan yang jauh dari polusi dan sungai yang tercemar.
 

3.    Pilihlah Lokasi yang Strategis

Tips berikutnya adalah memilih indekos yang dekat dengan kampus. Ini merupakan hal penting apabila Anda tidak memiliki kendaraan pribadi. Lokasi yang dekat dengan kampus tidak akan membuat Anda merasa terburu-buru saat berangkat kuliah. Selain itu, lokasi yang strategis bisa menghemat uang ongkos.  Lebih baik uangnya di tabung kan.
 

4.    Sistem keamanan baik

Jangan lupa untuk perhatikan sistem kemanan indekos Anda. Lebih baik bila Anda memilih kamar indekos yang memiliki fasilitas keamanan khusus seperti satpam pribadi , kunci ganda, dan cctv. Tak lupa juga untuk memberikan kunci tambahan untuk kamar Anda. Simpan barang-barang berharga ditempat yang aman, jangan pernah meninggalkan pintu kamar dalam keadaan terbuka. Untuk meyakinkan soal kemanan lingkungan, bisa juga ditanyakan kepada RT dan RW setempat. (Ana Nursyifa)***


 

Halaman:

Editor: Administrator


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X