Jumat, 5 Juni 2020

#KlipingPR Sukma Ayu Terbaring Koma

- 24 April 2017, 05:38 WIB
AKTRIS Sukma Ayu berbaring koma di RS Medistra selama lebih dari 5 bulan. Hingga akhirnya meninggal dunia di RS tersebut.*

24 April 2004 Pedangdut Putri bungsu pasangan seniman Misbach Yusa Biran-Nani Wijaya, Sukma Ayu (24) terbaring koma. Sudah dua pekan, ia tak sadarkan diri dengan berbagai alat medis menempel di tubuhnya. Saat itu, Sukma sedang berada di puncak kejayaan karier beraktingnya. Namun sebuah kecelakaan membuatnya terbaring di RS Medistra Jakarta.

Diberitakan Harian Umum Pikiran Rakyat 25 April 2004, di hari ke-16 ia berbaring, kondisi Sukma Ayu terus mengalami kemerosotan. Jaringan saraf dan otaknya tidak lagi berfungsi akibat pemeran Rohaye dalam sinetron "Kecil-kecil Jadi Manten" itu kelamaan tak sadarkan diri.

Layaknya pedangdut Julia Perez yang kini juga terbaring koma, saat itu Sukma Ayu pun mendapatkan perhatian banyak selebritas di tanah air. Para pesohor terdiri dari pesinetron, penyanyi, dan sineas menggelar doa bersama. Misalnya aktris Cut Keke yang menggelar doa bersama di Mesjid Sunda Kelapa, Jakarta, 23 April 2004. Titiek Puspa, Silvana Herman, Widi Mulia, Peggy Melati Sukma, Gugun Gondrong, Reina Ipeh, dan banyak artis turut mendoakan kesembuhan Sukma Ayu. Dalam feature yang dilaporkan wartawan PR Ratna Djuwita, Cut Keke bahkan selalu menyempatkan diri menunggui Sukma Ayu di ruang perawatannya usai syuting "Kecil-kecil Jadi Manten". Diketahui sinetron itu tetap tayang meskipun pemeran utamanya sedang koma.

"Kondisi Sukma sekarang masih dalam keadaan tak berdaya seperti bayi, aku tak tega melihatnya. Aku teringat banyak sekali kenangan yang dilalui bersama Sukma, dia tuh seperti adikku sendiri, kita sering curhat," kata Silvana Herman saat itu. Sementara Cut Keke mengatakan, Sukma Ayu saat itu sedang tertidur sangat panjang. Ia pun meminta para pemirsa mendoakan agar Sukma sadar dan kembali di tengah keceriaan keluarga dan sahabatnya.

Setelah 5 bulan 16 hari mengalami koma, Sukma Ayu meninggal dunia pada tanggal 25 September 2004. Pada tahun 2004, berita tentang Sukma Ayu mendominasi pemberitaan nasional. Hampir setiap hari ada kabar tentang Sukma Ayu di tayangan infotainment atau pemberitaan nasional. Nama sang ibu Nani Wijaya yang sangat tenar di dunia akting, tidak bisa dilepaskan dari pemberitaan soal anaknya.

Cerita koma ini pun dicemari dengan tuduhan malapraktik yang ditujukan RS Medistra. Kendati hingga saat ini belum dapat dibuktikan. RS Medistra pun telah membantah tudingan dari keluarga almarhum.***

Editor: Gita Pratiwi A


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X