Disebut Efektif Hajar Covid-19 Varian Delta hingga Mu, Terungkap Cara Kerja Molnupiravir

- 5 Oktober 2021, 18:42 WIB
Ilustrasi obat Covid-19.
Ilustrasi obat Covid-19. /Pixabay/Jarmoluk

PIKIRAN RAKYAT - Belum lama ini, ramai diperbincangkan sebuah penelitian yang mengemukakan pil oral pertama diklaim efektif untuk penderita Covid-19.

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat Merck & Co mengumumkan hasil penelitian pil oral antivirus mereka, bernama molnupiravir (MK-4482, EIDD-2801).

Fakta terkait obat antivirus tersebut, diklaim bisa menurunkan sekitar separuh risiko kematian dan rawat inap akibat Covid-19, terhadap pasien dengan gejala ringan dan sedang.

Tentunya dari informasi tersebut, memunculkan pertanyaan di kalangan masyarakat. Apakah monulpiravir benar-benar efektif untuk mengatasi Covid-19?

Baca Juga: Ramai Kabar Ivan Gunawan Sudah Menikah Siri dengan Ayu Ting Ting, sang Desainer: Udah Cinta

Dokter umum dan edukator, Adam Prabata, dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya itu mengungkapkan sejumlah fakta terkait obat oral Covid-19 tersebut.

Adapun untuk cara kerja dari obat molnupiravir ini, obat tersebut mampu menghambat virus penyebab Covid-19 untuk memperbanyak diri.

Kemudian, untuk penggunaannya, obat molnupiravir ini dikonsumsi melalui mulut yakni berbentuk kapsul. Bagi penderita Covid-19 anda cukup mengonsumsi 2 kali per hari selama 5 hari atau 10 dosis.

Baca Juga: Elsa Bocorkan Latar Belakang Irfan dan Orangtua Andin, Jessica Kian Depresi, Ikatan Cinta 5 Oktober 2021

dr. Adam Prabata yang mengutip hal tersebut dari clinicaltrials, menyebutkan bahwa efektivitas terbukti apabila dikonsumsi dalam 5 hari sejak gejala pertama kali muncul.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X