Rabu, 26 Februari 2020

10 Hal yang Dapat Dilakukan Generasi Milenial dengan Ang Pao

- 23 Januari 2017, 08:00 WIB
PEKERJA memasang aksara Tionghoa pada lilin imlek di Vihara Dharma Ramsi, Jalan Luna, Kota Bandung, Senin 23 Januari 2017. Menjelang Tahun Baru Imlek 2568 pada 28 Januari 2017, persiapan terus dilakukan di vihara tersebut.*

AMPLOP merah berisi uang atau biasa saat Hari Raya Imlek disebut ang pao melambangkan keberuntungan dan sebagai simbol untuk mengusir roh-roh jahat. Bagi generasi milenial, ang pao dapat dikatakan sebagai "uang gratis" di tengah maraknya kenaikan harga barang dan sulitnya mendapat pekerjaan.

Uang yang diberikan harus dalam jumlah genap, namun angka 4 tidak dianjurkan karena melambangkan kematian. Ang pao diberikan kepada orang tua, istri, anak-anak, sanak saudara, dan anak-anak tetangga yang mengunjungi rumah. Seberapa besar uang yang diberikan sangat bergantung kepada kondisi keuangan seseorang dan seberapa erat hubungan orang tersebut dengan si penerima.

Berikut adalah 10 tips bagaimana milenial dapat memanfaatkan ang pao mereka sebaik-baiknya, selagi masih ada kesempatan:

1. Tabung angpao di bank
Ketika usia bertambah tua, keberadaan tabungan akan sangat berharga. Berkomitmen untuk menabungkan ang pao akan sangat sulit jika tak disertai dengan niat yang kuat. Setelah lulus kuliah dan harus mencari pekerjaan, kita dapat berkata, "Wow, saya kaya!" dengan keberadaan sejumlah uang di dalam tabungan. Lalu, dengan motif menabung ini juga akan memicu orangtua memberikan jumlah ang pao lebih banyak bukan? :)

2. Travel dan jelajahi dunia
Sebuah survei yang dilakukan oleh JP Morgan menunjukkan bahwa generasi milenial membelanjakan lebih banyak uang untuk "pengalaman" atau hal-hal seperti traveling, hiburan, dan makanan. Survei itu juga memprediksi tingkat pertumbuhan tahunan gabungan daya belanja milenial akan menjadi 15% dari tahun 2014 hingga 2020.

Industri travel saat ini sedang booming berkat media sosial. Banyak generasi milenial yang lebih memilih untuk menjelajah dunia sebagai bentuk aktualisasi mereka. Jangan lupa, satu hal yang paling penting saat travelling adalah ketersediaan materi. Mendapatkan ang pao ditambah dengan bekerja magang dan mencari uang tambahan lain akan sangat berguna untuk bekal perjalanan.

3. Membeli barang yang dapat menjadi investasi
Sebagian wanita berkata bahwa membeli Louboutin atau Prada adalah sebuah investasi karena merupakan barang branded dan berkualitas dan tahan lama. Hal ini bisa dianggap benar tergantung dari pendapatan mereka. Tapi yang paling penting adalah membeli barang berdasarkan kualitas, bukan kuantitas. Beberapa brand lain yang tak kalah bagus, tahan lama, serta tak terlalu mahal dapat menjadi pilihan lain yang dapat menjadi investasi.

4. Belanjakan untuk hal yang lebih sehat
Sebuah penelitian tentang milenial oleh Goldman Sachs menunjukkan bahwa milenial lebih menjaga kesehatan mereka dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Mereka rela membelanjakan banyak uang untuk athleisure alias pakaian olah raga, makanan organik, serta gaya hidup sehat. Agar ang pao yang diberikan menjadi lebih bermanfaat, ada baiknya dibelanjakan untuk hal-hal yang akan membuat kita menjadi lebih sehat.

5. Belanja online, pakai Kupon, dan bandingkan harga
Belanja online sangat menyenangkan apalagi ketika musim-musim tertentu, ada banyak kupon dan voucher menarik! Hal yang membuatnya menjadi lebih menyenangkan adalah ketika belanja online dengan uang ang pao, karena bukan uang sendiri. Mau tahu apa yang membuat belanja online lebih baik lagi? Cobalah untuk belanja di situs web dengan fitur pembanding harga! AIMA Inc. "Born this Way: US Millennial Loyalty Survey" menunjukkan bahwa 57% milenial membandingkan harga ketika berbelanja. Masa-masa ini kita akan banyak melihat penawaran voucher dan kupon yang menarik dari merchant & brand seperti Lazada, Zalora, Uber, Grab, Tokopedia, dll.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X