Berapa Gelas Kopi Sehari yang Baik? Waspada Kelebihan Bisa Ciutkan Otak

- 7 September 2021, 12:51 WIB
Ilustrasi kopi.
Ilustrasi kopi. /Pixabay/S. Hermann & F. Richter

PIKIRAN RAKYAT - Tidak bisa dimungkiri, kopi merupakan sumber utama antioksidan. Kopi sering dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit liver.

Di dunia kecantikan, antioksidan kerap digunakan untuk membantu menghilangkan selulit atau parut kulit.

Kendati demikian, ada pepatah yang menyebutkan bahwa segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Sama halnya dengan kopi

Terlalu banyak minum kopi dapat membahayakan tubuh terutama otak. Studi terbaru dari University of South Australia menemukan bahwa minum lebih dari 6 cangkir kopi sehari dapat mengecilkan volume otak dan meningkatkan risiko demensia.

Baca Juga: 5 Manfaat Pegagan, Dipercaya Bikin Panjang Umur dan Sehatkan Kulit

Peneliti utama dan kandidat PhD UniSA, Kitty Pham, mengatakan penelitian ini memberi wawasan penting bagi kesehatan masyarakat.

"Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Namun konsumsi globalnya lebih dari sembilan miliar kg per tahun. Penting bagi kita memahami potensi implikasinya pada kesehatan," kata Pham seperti dilaporkan Science Daily dan dikutip Antara.

Kafein sebagai kandungan utama kopi mempengaruhi sistem saraf pusat dalam beberapa cara. Namun, efeknya diyakini berasal dari cara kafein berinteraksi dengan reseptor adenosin, sebagaimana dilaporkan Healthline.

Adenosin adalah neurotransmitter di otak yang dapat mendorong tubuh beristirahat dan tidur.

Halaman:

Editor: Yusuf Wijanarko

Sumber: Antara


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X