Dokter Covid-19 Ungkap Fakta Penyebaran Varian Baru Virus Corona: Cukup Bernapas dan Berbicara Biasa

- 1 September 2021, 15:09 WIB
Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. /pixabay

PIKIRAN RAKYAT – Pandemi Covid-19 di Tanah Air hingga hari ini belum berakhir bahkan belum teratasi secara maksimal. Pasalnya, Covid-19 memiliki empat varian, yaitu Alpha, Beta, Gamma, dan Delta.

Serupa dengan jumlah variannya, ada empat faktor yang turut mempengaruhi keberadaan varian tersebut, yaitu penularan, tingkat keparahan penyakit, resiko terinfeksi lagi, dan diagnosa.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Corona Sp. EM dalam Webinar Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Mengusung tema Mengurangi Resiko Penyebaran Covid-19 Varian Delta, dr. Corona menyebutkan bahwa varian delta lebih melekat pada organ manusia dan jumlah virus yang diproduksi seribu kali lebih banyak.

Baca Juga: Dilema Pakai Jasa Bank, Biaya Admin Mengadang

Oleh karena itu, vaksinasi harus gencar dilakukan karena dinilai sangat efektif mengurangi tingkat keparahan penyakit dan yang seharusnya bergejala menjadi tidak bergejala.

“Vaksin sangat efektif mengurangi tiga hal ini. Pertama, tingkat keparahan penyakit, yaitu ketika orang sakit parah bergejala itu tidak sampai ke rumah sakit. Kedua yang seharusnya bergejala, itu menjadi tidak bergejala,” katanya.

dr. Corona turut menjelaskan tentang Droplet dan AerosolDroplet berukuran 1,8 hingga 2 meter, seringkali keluarnya harus batuk dan bersin, serta ketika droplet keluar, maka langsung jatuh ke bawah dan mengenai benda.

Sehingga, ketika tidak sengaja terpegang tangan dan lupa untuk mencuci tangan, droplet masuk ke saluran kecil hingga ke paru-paru.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Sumber: muhammadiyah.or.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X