Apa Itu Badai Cytokine yang Buat Paru-paru Deddy Corbuzier Rusak 60 Persen?

- 22 Agustus 2021, 11:04 WIB
Deddy Corbuzier sempat alami badai cytokine saat positif Covid-19 hingga membuat kondisinya kritis.
Deddy Corbuzier sempat alami badai cytokine saat positif Covid-19 hingga membuat kondisinya kritis. /Instagram

PIKIRAN RAKYAT - Sempat mendadak putuskan untuk gantung mik, Deddy Corbuzier akhirnya kembali setelah dua pekan menghilang dari hadapan publik.

Momen perdananya muncul digunakan untuk memberi klarifikasi atas alasan dia memilih vakum sementara dari dunia hiburan tanah air.

Diakui Deddy Corbuzier, selama kurang lebih 14 hari itu, dia masuk ke dalam kondisi kritis lantaran terpapar virus corona.

Bahkan meski mulanya terindikasi positif Covid-19 tanpa gejala, Deddy hampir meninggal dunia karena diterpa badai cytokine yang berujung merusak 60 persen paru-parunya.

Baca Juga: Foto Mayangsari Cuma Pakai Celana Dalam Tersebar, Pamor Istri Pangeran Cendana Seketika Luntur

"Ketika dicek di CT Thorax sudah 60 persen (kerusakan paru-paru), dan keadaanya masuk ke dalam kondisi badai cytokine," ujarnya sebagaimana dikutip Pikiranrakyat.com dari kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Minggu, 22 Agustus 2021.

Dia mengaku terkejut saat dokter mengatakan dirinya terjebak dalam badai cytokine, sebab komplikasi itu sendiri diketahui dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ hingga kematian.

"Saya agak kaget dibilang badai cytokine, karena setahu saya badai cytokine ini membuat orang meninggal," tutur Deddy Corbuzier.

Lalu sebenarnya apa itu badai cytokine?

Halaman:

Editor: Alanna Arumsari Rachmadi

Sumber: Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network