Cara Membedakan Influenza dan Covid-19

- 27 Juli 2021, 07:07 WIB
Ilustrasi Covid-19. Inilah 10 Kelurahan dengan angka positif aktif tertinggi Covid-19 Kota Bandung hari ini Selasa, 27 Juli 2021, Antapani Kidul terbanyak.
Ilustrasi Covid-19. Inilah 10 Kelurahan dengan angka positif aktif tertinggi Covid-19 Kota Bandung hari ini Selasa, 27 Juli 2021, Antapani Kidul terbanyak. /Pixabay/SamuelFrancisJohnson

PIKIRAN RAKYAT – Dokter Tirta memberikan penjelasan terkait cara membedakan influenza dan Covid-19.

Informasi tersebut disampaikan dalam video Langkah Awal Jika Terkena Covid-19 yang diunggah di kanal Youtube pribadinya pada Senin, 26 Juli 2021.

“Buat kalian semua ini, satu, gejala awal terkena infeksi virus itu ada demam dan nyeri sendi, dinamakan flu like syndrome,” ujar dr. Tirta, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal Youtube Tirta PengPengPeng, Selasa, 27 Juli 2021.

Secara gejala pada 3 hari awal, influenza dan Covid-19 memiliki gejala serupa dan tidak bisa dibedakan, sebab merupakan gejala awal virus masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Lucuti Pengakuan Mengejutkan Jerinx, Adam Deni Kena Block: Badan Doang Gede, Kaya Cewe Lagi PMS

“Entah itu virus influenza atau mungkin campak, amit-amit ya, atau mungkin flu covid, atau SARS, flu burung, gak ada yang tahu,” ucap dr. Tirta.

Dia menekankan bahwa gejala infeksi awal ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh adalah flu like syndrome atau sindrom seperti flu.

“Di mana gejalanya adalah trias demam antara 37,8-38,5 jarang sampai 39, kalau 39 itu dia infeksinya sudah sistemik banget. Nyeri sendi, pegel linu, terutama sendi-sendi besar yaitu sendi kubiti, patela ini lutut, engkel, wah pegel parah,” tutur dr. Tirta.

Kemudian, gejala ketiga yang terjadi pada tiga hari pertama infeksi virus di dalam tubuh adalah mual.

Halaman:

Editor: Sarah Nurul Fatia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X